Pengembangan Media Komik Misugi Anaya Pembelajaran IPA Kelas III Materi Sumber Energi dan Kegunaannya

Husni Wakhyudin, Raden Roro Novita Permatasari

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mendapatkan media yang layak digunakan dalam pembelajaran tentang sumber energi dan kegunaannya pada kelas III SD Negeri Pandeanlamper 04 Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan subjek penelitian siswa kelas III SD Negeri Pandeanlamper 04 Semarang semester II. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode kuesioner, observasi, dan wawancara yang sebelumnya dilakukan uji validasi terhadap seluruh instrumen. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Prosedur pengembangan media komik menggunakan model ADDIE yang dikelompokkan dalam lima tahap, yakni analisis, rancangan, pengembangan, implemetsi dan evaluasi. Pengembangan Media komik secara kuantitatif dan kualitatif layak diterapkan dalam pembelajaran. Hasil penilaian oleh validator didapatkan penilaian oleh pakar media 1 diperoleh persentase 88%, hasil penelitian oleh pakar media 2 diperoleh persentase sebesar 83%, dari hasil penilaian ahli materia 1 diperoleh hasil 88%, bahan expert assessment 2 diperoleh 80%. Sementara itu, penilaian yang diberikan oleh siswa diperoleh 90,71% dan praktisi guru memperoleh persentase 87,15%. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa media komik “Misugi Anaya” mampu meningkatkan minat belajar siswa, mempermudah siswa dalam belajar, dan mempermudah siswa mengingat materi pembelajaran.

Kata Kunci: Pengembangan, Komik, Misugi Anaya

Full Text:

PDF

References


Arsyad, Azhar. (2014). Media Pembelajaran.Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Eko Yuli Supriyanta. (2015). Pengembangan Media Komik untuk Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial tentang Sejarah Persiapan Kemerdekaan Indonesia pada Kelas V SD Muhammadiyah Mutihan, Wates, Kulon Progo. (Diunduh pada tanggal 12 Oktober 2016)

Listiyani, Indriana M. & Widayati, Ani. (2012). Pengembanagn Komik Sebagai Media Pembelajaran Akuntansi pada Kompetensi Dasar Persamaan Dasar Akuntansi untuk Siswa SMA Kelas XI. Diunduh pada tanggal 12 Oktober 2016

Marianthi. (2009) “from dignitised comic books to digital hypermedia comic books: their use in education” Jurnal nirwana vol 1 No. 1 , 2.

Noel Tri Darmanasto. (2015). Pengembangan Komik Jaka Tingkir Sebagai Media Pembelajaran Membaca Cerita Siswa Kelas III Di Kabupaten Boyolali. Diunduh pada tanggal 12 Oktober 2016

HB Saputro, Soeharto. (2015). Pengembangan Media Komik Berbasis Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Tematik-Integratif Kelas IV SD. Diunduh pada tanggal 12 Oktober 2016

Riduwan. (2012). Dasar-Dasar Statistika. Cetakan kesepuluh. Bogor: Alfabeta

S Hadi. (2013). Pembelajaran Konsep Pecahan Menggunakan Media Komik Dengan Strategi Bermain Peran Pada Siswa SD Kelas IV Semen Gresik. Diunduh pada tanggal 20 November 2016

Tatalovic. (2008). Science comics as tools for science education and communicatio: a brief, exploratory study. 1, (1), 1-2(https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/2385/pdf)




DOI: http://dx.doi.org/10.24905/psej.v2i2.743

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 PSEJ (Pancasakti Science Education Journal)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


This work is licensed under a

Creative Commons License

Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.