Pengembangan Multimedia Interaktif Bervisi SETS sebagai Alat Bantu Model Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran IPA di SMP untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Keterampilan Sosial Peserta Didik

Pratiwi Oktaviani, Hartono Hartono, Putut Marwoto

Abstract


 

Pemanfaatan komputer sebagai media pembelajaran dalam bentuk multimedia interaktif merupakan salah satu pendekatan pembelajaran yang mendukung kemajuan teknologi. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan karakteristik dan menganalisis multimedia interaktif  bervisi SETS model PBL yang efektif meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan keterampilan sosial. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Produk yang dikembangkan divalidasikan untuk selanjutnya direvisi dan diimplementasikan. Subyek penelitian peserta didik kelas VIII SMP Negeri 7 Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017.Hasil penelitian menunjukkan tingkat kevalidan terhadap perangkat pembelajaran 88,33% dan multimedia interaktif yang dikembangkan 79,37%. Tingkat keefektifan ditunjukkan adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis kelas eksperimen dan nilai N-gain mencapai 0,59 dengan kategori sedang. Keterampilan sosial peserta didik sebesar 84,50% dengan kriteria baik. Tingkat kepraktisan ditunjukkan dengan respon guru dan peserta didik sangat positif terhadap produk yang dikembangkan. Simpulan dari penelitian ini, perangkat pembelajaran valid, efektif, dan praktis digunakan sebagai alat bantu model PBL serta dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan keterampilan sosial pada kelas eksperimen.

Kata Kunci: PBL, multimedia interaktif, kemampuan berpikir kritis, keterampilan sosial.


Full Text:

PDF

References


Barrows, H.S. (1996). Problem-based learning in medicine and beyond: A brief overview. L. Wilkerson & W.H. Gijselaers (Eds.)Bringing problem-based learning to higher education.Theory and practice (pp.3-13). San Francisco: Jossey Bass.

Binadja, A. (2001). Pendidikan SETS (Science, enviromenment, technologi and Society) dan pembelajaran. Semarang: PPS UNNES.

Brunner, J.S. (1996). Toward a theory of instruction. New York: Norton.

Ennis, R. H. (1996). Critical Thinking. NewJersey: Prentice Hall.

Fisher, A.,&Scriven, M. (1997). Critical Thinking: Its Definition and Assesment. Edgepress and Center for Research in Critical Thinking: University of East Anglia.

Frans & Matheus, E. (2009). Multimedia Interaktif-Fisika SMP/MTSKelas VII.(CD-ROM). www.ai-learn.com

Guiler, J., Ross,A., & Durndell. (2005). The role of gender in a peer-based critical thinking task. Department of Psychology: Glasgow Caledonian University, Glasgow, Scotland, UK.

Hake, R.R. (1999). Analyzing Change/Gain Scores. Dept. of Physics, Indiana University, American Educational Research Associations’s division. Measureement and Research Methodology. (Diunduh 13/05/2016).

Hamdi, Husnul, dkk. (2013). Pembuatan Multimedia Interaktif Menggunakan Moodle pada Kompetensi Mengamati Gejala Alam dan Keteraturannya untuk Pembelajaran Siswa Siswa SMA Kelas XI Semester I. Pillar of Physics Education, 1:55-62.

Handayani & Diana, E. (2011). Pembelajaran Fisika dengan Model Problem Based Learning Menggunakan CD Multimedia Untuk Meningkatkan Kemandirian Siswa. Semarang: IKIP PGRI.

Joshi, A. (2011). Innovative Teaching: Using Multimedia ina Problem-Based Learning Environment. Current World Environment Vol. 6(1), 183-186.

Ismawati, N. (2014). Pengembangan Multimedia Interaktif Flash sebagai Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Motivasi dan Pemahaman Konsep. Tesis Prodi Pendidikan IPA Konsentrasi Fisika. Semarang: Program Pascasarjana UNNES.

Khairat. (2013). Peningkatan Keterampilan Sosial Pada Pelajaran IPS Melalui Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Siswa di Kelas IV SD Negeri 067774 Kelurahan Suka Maju Medan Johor Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Tematik ISSN: 1979-0633. Vol. 003/12/Dikdas/Desember 2013.

Khamzawi, S., Wiyono, K., & Zulherman. (2015). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Mata Pelajaran Fisika Pokok Bahasan Fluida Dinamis Untuk SMA Kelas XI. JurnalInovasi dan Pembelajaran Fisika, Volume 2, Nomor 1, 100-108. Diperoleh dari unsri.ac.id/index.php/jipf/article/download/2594/1359.htm (Diunduh tanggal 17 Maret 2016).

Liu, Min., et al. (2014). Creating a Multimedia Enhanced Problem-Based Learning Environment for Middle School Science: Voices from the Developers. Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning. Vol 8/Issue 1/http://dx.doi.org/10.7771/1541-5015.1422.

Lou, S.J., Lin, H.C., Shih, R.C., & Tseng, K. (2012). Improving the effectiveness of organic chemistry experiments through multimedia teaching materials for junior high school student. The Turkish Online Journal of Educational Technology. 11(2), 135-141.

Mahanal, S. (2012). Strategi Pembelajaran Biologi, Gender, dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Prosiding Seminar Nasional Biologi, Vol 9, No 1,jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/prosbio/article/view/1040.

Minarni, A. (2013). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis dan Keterampilan Sosial Siswa SMP Negeri di Kota Bandung. Jurnal Pendidikan Matematika Paradikma, Vol, 6 (2), 162-174.

Muzaiyin, P. (2013). Keterampilan Sosial Anak. (Online). Tersedia: http://pujianimuzaiyin.blogspot.com/2013/06/ketrampilan-sosial-anak.html. (Diunduh 8 Juli 2017).

Nkweke, Obinna C., Dirisu, Chimezie N.G., & Ndubuisi, U. (2012). Synchronized multimedia on motivation and academic performance of students. Mediterranean Journal of SocialSciences. 3(4), 117-125.

Premana, Y.M., Suharsono, N., & Tegeh, M., 2013. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Mata Pelajaran Produksi Gambar 2D Untuk Bidang Keahlian Multimedia di Sekolah Menengah Kejuruan. E-Journal Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Teknologi Pembelajaran, hlm. 1-11. Diperoleh dari http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_tp/article/view/792.htm (Diunduh 15 Maret 2016).

Ricketts, J.C., Rudd. R. (2004). Critical Thinking Skills of FFA Leaders. Journal of Southern Agricultural Education Research 7. 54, (1), 2004. (Online). http://www.jsaer.org/pdf/Vol54/54-01-007.pdf. 28/05/2017.

Roberto, R & Adamkalievich, O.S. (2014). Animated Classroom Demonstration Tools For Physics Classes as an Innovation for Improving Education Quality in Remote Schools of Kyrgyzstan. International Scientific e- Journal.

Santoso, S. 2015. Menguasai Statistik Parametrik, Konsep dan Aplikasi dengan SPSS. Jakarta: Gramedia.

Soule, H. (2011). P21 Common Core Toolkit: AGuide to Aligning the Common Core State Standards with the Framework for21st Century Skills. Washington, DC: The Partnership for 21st CenturySkills.

Sudarman. (2007). Problem Based Learning: Suatu Model Pembelajaran untuk Mengembangkan dan Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah. Jurnal Pendidikan Inovatif, 2(1):68-73.

Sudjana. (2005). Metoda Statistika Edisi ke-6. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung : Alfabeta.

Suparmadi, D. (2006). Edukasi elektronik (ed-nik) for teaching IPA 7-8-9 SMP.(CD-ROM). www.ednik.com.

Suparno, P. (2007). Metodologi Pembelajaran Fisika. Konstruktivistik & Menyenangkan. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Stobaugh, R. (2013). Assessing Critical Thinking in Middle and High Schools: Meeting the Common Core.First published by Eye on Education. New York: Routledge Taylor & Francis Group, London.

Syarifudin, S. & Irianto, J.D. (2009). Multimedia Interaktif-Belajar Mandiri Fisika Kelas 7.(CD-ROM). www.indonesia-digital-edutaiment.com

Theng Leow, F., dan Neo, M. (2014). Interactive Multimedia Learning: Innovating Classroom Education in a Malaysian University. Tojet: The Turkish Online Journal of Educational Technology, Vol 13 issue 2.

Turmuzi, A. (2015). Mengajarkan Keterampilan Berpikir Kritis pada Siswa. Diperoleh http://www.kompasiana.com/turmuzi.ahmad/mengajarkan-keterampilan-berpikir-kritis-padasiswa_55285113f17e6189b8b4581 (Diunduh 6 Juli 2017).

Wardhani, K. (2012). Pembelajaran Fisika dengan Model Problem Based Learning Menggunakan Multimedia dan Modul Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Abstrak dan Kemampuan Verbal Siswa. Jurnal Inkuiri, 1(2):163-169.

Wibawanto, H. (2000). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Word Wide Web Lembaran Ilmu Pendidikan UNNES. Semarang: UNNES.




DOI: http://dx.doi.org/10.24905/psej.v2i2.746

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 PSEJ (Pancasakti Science Education Journal)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


PSEJ index:

      

 

This work is licensed under a

Creative Commons License

Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.