Efektivitas Penggunaan LKS IPA Terpadu Bervisi Salingtemas (Sains-Lingkungan-Teknologi-Masyarakat) Berbasis Science Entrepreneurship terhadap Keterampilan Komunikasi Ilmiah dan Minat Berwirausaha Siswa

Ulfiatun Ulfiatun, Novi Ratna Dewi, Miranita Khusniati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas penggunaan LKS Salingtemas berbasis Science Entrepreneurship terhadap keterampilan komunikasi ilmiah dan minat berwirausaha siswa. Jenis penelitian ini yaitu quasi experiment dengan desain nonequivalent control group design. Sampel diambil dengan teknik simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII E (kelas eksperimen) dan VII C (kelas kontrol) di SMP N 7 Magelang. Data diambil dengan metode tes (hasil belajar kognitif siswa), angket (minat berwirausaha siswa) dan observasi (keterampilan komunikasi ilmiah). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata keterampilan komunikasi ilmiah siswa kelas eksperimen pada setiap pertemuan mengalami peningkatan dengan rata-rata peningkatan setiap indikator yaitu 24,58%. Minat berwirausaha kelas eksperimen mengalami peningkatan setiap pertemuan dengan rata-rata peningkatan setiap indikator sebesar 19,53%. Hasil uji N-gain minat berwirausaha siswa kelas eksperimen masuk ke dalam kategori sedang yaitu 0,469, sedangkan untuk kelas kontrol masuk ke dalam kategori rendah yaitu 0,150. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa LKS Salingtemas berbasis Science Entrepreneurship efektif meningkatkan keterampilan komunikasi ilmiah dan minat berwirausaha siswa.

Kata Kunci: LKS, Salingtemas, Science Entrepreneurship, Keterampilan Komunikasi Ilmiah, Minat Berwirausaha

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistika. (2016). Jumlah Angkatan Kerja, Penduduk Bekerja, Pengangguran, TPAK dan TPT. Tersedia di https://bps.go.id/linkTabel Statis/view/id/973 [diakses 17-1-2017].

Binadja, A. (2002). SETS (Science, Environment, Technology, and Society) dan Pembelajaran. Semarang: Program Pascasarjana UNNES.

Binadja, A. (2005). Pedoman Pengembangan Bahan Pembelajaran Bervisi SETS (Science, Environment, Technology, and Society) atau (Sains, lingkungan, Teknologi, dan masyarakat). Semarang: Program Pascasarjana UNNES.

Ciputra. (2012). Membentuk Jiwa Wirausaha. Jakarta: Kompas Media Nusantara.

Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Depdiknas.

Eko, K.D., N. Ngaziziah & E. S.Kurniawan. Pengembangan Lembar Kerja Siswa dengan Pendekatan Investigasi Kelompok Guna Mengoptimalkan Keterampilan Berkomunikasi dan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 PurworejoTahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Radiasi, 3 (1): 63-67. Tersedia di http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/radiasi/article/view/659/634 [diakses 18-1-2017].

Familiari, M., K. B. Silva, & G. Raynen. (2013). Scientific Inquiry Skill in First Year Biology: Building on Pre-Teartiary Skill or Back to Basics. Internasiona lJournal of Inovation Science and Mathematics Education, 21(2):1-17. Tersedia di http://sydney.edu.au/index. php/CAL/article/view/6447/7488 [diakses 22-1-2017].

Gorman, G., Hanlon, & D.King. (1997). Some research perspectives on entrepreneurship education and education for small business management: a ten-year literature review. International Small Business Journal, 15 (3):56–77. Tersedia di http://journals.sagepub. com/doi/abs/10.1177/0266242697153004 [diakses 22-2-2017].

Hasanah, U., N. R. Dewi, & Parmin. (2013). Pengembangan Bahan Ajar IPA Terpadu Berbasis Salingtemas pada Tema Energi. Unnes Science Journal, 2(2) : 296-301. Tersedia di http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/usej/ article/view/ 2039 [diakses 25-1-2017].

Hayanah, I.N., S. Hartati & D. Wulandari. (2013). Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA Melalui Pendekatan SETS Pada Kelas V. Joyful Learning Journal. Tersedia di http://journal.unnes. ac.id/sju/index.php/jlj/article/view/2092 [diakses 18-1-2017].

Hutomo, B. A., Parmin, & M. Khusniati. (2016). Pengaruh Model Active Learning Berbantuan Media Flash terhadap Pemahaman Konsep dan Aktivitas Belajar Siswa SMP Kelas VII Pada Tema Kalor dan Perpindahannya. Unnes Science Education Jurnal, 5(3) Tersedia di http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/usej [diakses 6-2-2017].

Indonesia, P. R. (2003). Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Kemendikbud. (2013). Modul Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Badan pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan.

Khasanah, N. (2015). SETS (Science, Environment, Technology and Society) sebagai Pendekatan Pembelajaran IPA Modern pada Kurikulum 2013. Jurnal online Prosiding KPSDA, 1(1): 270-277. Tersedia di http://jurnal.fkip .uns.ac.id/ index.php/kpsd/article/ view/5386/3802 [diakses 26-1-2017].

Khoiri, N. & N. Hindarto. (2011). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Life Skill untuk Meningkatkan Minat Kewirausahaan Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 7(2). Tersedia di https://journal.unnes. ac.id/nju/index.php/JPFI/article/view/1077 [diakses 20-1-2017]

Khusniati, M. (2012). Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(2): 204-210. Tersedia di http://journal.unnes. ac.id/nju/index.php/jpii/article/view/2140 [diakses 6-1-2017]

Kolber, B. J. (2011). Extended problem based Learning Improves Scientific Communication in Senior Biology Students. Journal of Collage Science Teaching, 41(1): 32-39. Tersedia di http://crawl.prod.proquest.com.s3. amazonaws.com/fpcache/3d356dfaffbec0be287d80ead7f7855b.pdf?AWSAccessKeyId=AKIAJF7V7KNV2KKY2NUQ&Expires=1486307679&Signature=iiPi0NdvYFPX9YAovIN5fMR7EPY%3D [diakses 21-1-2017].

Kurniawan, D. (2011). Pembelajaran Terpadu. Bandung: Pustaka Cendikia.

Masithussyifa, R. K. A., M. Ibrahim, &N.Ducha, 2012. Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Berorientasi Keterampilan Proses pada Pokok Bahasan Sistem Pernapasan Manusia. Jurnal Pendidikan Unesa IPA, 1(1): 7-10. Tersedia di http:// ejournal.unesa.ac.id/article/591/34/ article.pdf [diakses 20-1-2017].

Mberia, H.K. (2011). Communication Training Module. International Journal of Humanities and Social Science, 1 (20): 231-255

Minarti, I.B., S. Mulyani &D. R.Indriyanti. (2012). Perangkat Pembeljaran IPA Terpadu Bervisi SETS Berbasis Edutaiment pada Tema Pencernaan. Journal of Innovative Science Education, 1 (2): 105-111. Tersedia di http://journal.unnes.ac.id/sju/index.p hp/jise/article/view/632 [diakses 18-1-2017].

Mursalin, E. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis SETS (Science, Environment, Technology, and Society) dan Berbasis Kewirausahaan Kimia (Chemoentrepreneurship) Kompetensi Terkait Hidrokarbon dan Minyak Bumi. Jurnal Chemistry in Education, 22(2). Tersedia di http://e-journal. ikip-veteran.ac.id/index.php/pawiyatan/article/view/402 [diakses 21-1-2016].

Parmin & Sudarmin. (2013). IPA Terpadu. Semarang: CV. SwadayaManunggal.

Pratidina, F.R., S.D. Pamelasari, & M. Khusniati. (2016). Keefektifan Penggunann Modul Cahaya Berbasis Salingtemas terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa. Unnes Science Education Journal, 5(2). Tersedia di http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/usej [diakses 27-1-2017].

Rasyid, A. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Biologi Bervisi SETS pada Kompetensi Kependudukan dan Permasalahan Lingkungan. Jurnal Gema Wiralodra. 7(1): 1-8.

Rosario, B.I.D. (2009). Science, Technology, Soceity and Environment (STSE) Approach in Enviromental Science for Nonscience Students in Local Culture. Liceo Journal of Higher Education Research Science and Technology Section, 6 (1): 269-283. Tersedia di http://www.ejournals. ph/article.php?id=700 [diakses 17-1-2017].

Shofiyah, S., D.R. Indriyanti, & A. Binadja. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Bervisi SETS Kompetensi Terkait Pengendalian Hama dan Penyakit Organ Tumbuhan. Lembaran Ilmu Kependidikan, 43(2), 128-133. Tersedia di http://journal.unnes. ac.id/nju/index.php/LIK [diakses 29-1-2017].

Wahyuni, S., S.Wardani, & R.S.Iswari. (2016). Profil Keterampilan Komunikasi Siswa melalui Pengembangan dan Penggunaan Bahan Ajar IPA Terpadu Bervisi SETS. Journal of Inovative Science Education, 2(2). Tersedia di http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jise [diakses 18-1-2017].

Widodo, S. (2010). Evaluasi Pembelajaran Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Teknologi Pendidikan,10 (1):8-15.Tersedia di http://ejournal. unesa.ac.id/ index. php/jurnal_tp/ article/view/5002[diakses 23-1-2017].

Yulistiana. (2015). Penelitian Pembelajaran Berbasis SETS (Science, Environment, Technology, And Society) dalam Pendidikan Sains. Jurnal Formatif, 5 (1): 76-82. Tersedia di http:// journal.lppmunindra.ac.id/index.php/ Formatif/ article/view/169 [diakses 30-1-2017].




DOI: http://dx.doi.org/10.24905/psej.v2i2.748

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 PSEJ (Pancasakti Science Education Journal)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


PSEJ index:

           

 

This work is licensed under a

Creative Commons License

Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.