Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Kemagnetan melalui Penerapan Peta Konsep Kemagnetan dalam Program Remedi dan Pengayaan

Siti Khomariyah

Abstract


Penelitian tindakan kelas ini bertujuan menerapkan peta konsep kemagnetan dalam program remedi dan pengayaan untuk meningkatkan hasil belajar kemagnetan pada siswa kelas 9D SMP N 1 Gringsing Tahun Pelajaran 2014/2015 semester 2. Penelitian tindakan kelas dilakukan dalam dua siklus. Alat evalusi yang digunakan adalah model C close untuk program pengayaan dan model S untuk program perbaikan.Terjadi peningkatan hasil belajar pada jumlah siswa yang tuntas belajar dari 32,14% pada pra siklus menjadi 92,85% pada siklus 1 dan 100% pada siklus 2. Peningkatan nilai rata-rata kelas pada KD 4.1 dan 4.2 adalah 67,64 pada pra siklus menjadi 89,14 pada siklus 1 menggunakan model C close untuk pengayaan dan model S untuk remedi. Sedangkan nilai-rata-rata pada siklus 2 untuk KD 4.3 dan dengan model C close semua siswa adalah 86,64. Jadi, dapat disimpulkan bahwa peta konsep kemagnetan dapat meningkatkan hasil belajar konsep kemagnetan.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Peta Konsep Kemagnetan, Remedial, Pengayaan

Full Text:

PDF

References


Gagliardi, E. G. (2010). A new tool for measuring individual differences in conceptual structure. University of Alberta.

Khomariyah. (2011). Pengembangan Alat Evaluasi Peta Konsep Kemagnetan Untuk Mengukur Pemahaman Konsep Kemagnetan Siswa SMP, Semarang: Proseding Seminar Nasional Fisika 2011; FP13-5.

Lestari, D. Identifikasi Miskonsepsi Siswa Mata Pelajaran Fisika Pokok Bahasan Kemagnetan Pada Siswa Kelas III Semester 1 SLTPN Tembarak Temanggung tahun 2002/2003. Skripsi di Perpustakaan UNNES.

Munthe, B. (2009), Desain Pembelajaran, Yogyakarta: Pustaka Intan Madani.

Passmore, G. J. (1999). Concept Map and The Procces of Comprehension: Explicating Cognition and Metakognition, Struktural Knowledge and Procedural Knowledge. Thesis. Canada: University of Toronto.

Plummer, K. J. (2008). Analysis of The Psychometric Properties Of Two Different Concept-Map Assessment Tasks. Disertation. Brigham Young University.

Rusilowati, A, dkk. (2010). Pengembangan Rubrik Penilaian Concept-mapping Assessment. Prosiding Seminar Nasional Himpunan Evaluasi dan pendidikan Indonesia. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.

Rusilowati, A. dan Ahmad Sopyan. (2010). Pengembangan Concept Mapping Assessment untuk Mengukur Kemampuan Mahasiswa Mengkonstruk Konsep Elektronika. Prosiding Seminar Nasional Fisika 2010. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Supratiyoko, K. (2010). Pengembangan CMA untuk Mengukur Struktur Kognitif Siswa dalam Membangun Pemahaman Konsep Listrik Dinamis, Tesis diseminarkan dalam seminar fisikatahun 2010.

Yue, H. (2008). Concept Maps As Assessment Tools In Mathematics: Comparison With Clinical Interviews. Thesis. Department of Mathematical Sciences The University Of Texas At El Paso.

Zaidin, (2003). Pemahaman Konsep Kemagnetan dan Upaya Meremediasinya Dengan Metode Peta Konsep Pada Siswa Kelas III Semester 1 SLTPN Tembarak Temanggung Tahun 2002/2003. Skripsi di Perpustakaan UNNES.

Zeilik, M. (2008). Classroom Assessment Techniques Concept Mapping. Department of Physics & Astronomy University of New Mexico.




DOI: http://dx.doi.org/10.24905/psej.v2i2.749

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 PSEJ (Pancasakti Science Education Journal)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


PSEJ index:

      

 

This work is licensed under a

Creative Commons License

Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.