Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Literasi Sains untuk Siswa Sekolah Dasar

Azimi Azimi, Ani Rusilowati, Sulhadi Sulhadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran IPA berbasis literasi sains untuk siswa sekolah dasar. Uji coba produk dilakukan menggunakan pretes-postes one group design melalui dua tahap, yaitu uji skala terbatas dan luas. Teknik analisis data dilakukan dengan deskriptif persentase, analisis respons, dan uji N-gain. Hasil uji validasi terhadap kelayakan media pembelajaran IPA berbasis literasi sains berada pada kategori “sangat layak” dengan skor 88,40%. Pada uji skala terbatas, siswa memperoleh skor  89,12 ˃ 75,00 berdasarkan hasil praktikum, skor 82,63 ˃ 65,00 berdasarkan nilai belajar, N-gain skor sebesar 0,67 ˃ 0,30, kemampuan literasi sains 11,60 ˃ 11,00 poin masuk dalam kategori level 2, dan Aktif dalam proses pembelajaran dengan skor 2,93 ˃ 2,51. Pada uji skala luas siswa memperoleh   skor  93,04 ˃ 75,00 pada hasil praktikum,    skor 86,37 ˃ 65,00 pada nilai belajar, N-gain skor sebesar 0,69 ˃ 0,30, kemampuan literasi sains 19,92 ˃ 11,00 poin masuk dalam kategori level 2, dan sangat aktif dalam proses pembelajaran dengan skor 3,48 ˃ 2,51. Berdasarkan perhitungan tersebut, penerapan media pembelajaran IPA berbasis literasi sains efektif dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran skala terbatas dan luas. Hasil uji kepraktisan media pembelajaran IPA berbasis literasi sains berada pada kategori praktis dengan respons positif 86,75% untuk uji skala terbatas dan 87,88% untuk uji skala luas. Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa, pembelajaran materi benda dan sifatnya dengan menggunakan media pembelajaran IPA berbasis literasi sains di SD efektif dan praktis.

Kata Kunci: Media Pembelajaran IPA, Literasi Sains

Full Text:

PDF

References


Basri, H., Waspodo., & Sumarni, S. (2013). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komputer Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Palembang: Jurnal Inovasi Pendidikan Unsri, 3 (1): 35-44.

Glynn, S.M., & Winter, L.K. (2004). Contextual Teaching and Learning of Science in Elementary School. Journal of Elementary Science Education, 16 (2): 51-63.

Harini, B., Styowati, D.L., & Suhandini, P. (2015). Pengembangan Bahan Ajar IPS untuk Menumbuhkan Nilai Karakter Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Tesis. Pascasarjana Universitas Negeri Semarang.

Liao, S.Y. (2012). The Application of Piaget and Bruner’s Cognitive-Developmental Theory in Children's Dance Teaching. The International Journal of Arts Education (InJAE), 10 (2): 164:197.

Mendikbud. (2016). Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Mello, R.R. (2012). From Constructivism to Dialogism in the Classroom. Theory and Learning Environment. International Journal of Educational Psichology (IJEP), 1 (2): 127-152.

Meltzer, D.E. (2002). “The relationship Between Mathematics Preparation and Conceptual Learning Gain in Physics : A Possible Hidden Variable in Diagnostic Pretest Scores”. American Journal Physics, 70 (12) : 1-11.

Mullis, I. V. S. M., Ruddock, G. J., O’Sullivan, C. Y., Preuschoff & Corinna. (2009). The TIMSS 2011 Assesment Framework. Boston College USA : TIMSS & PIRLS International Study Center.

Mullis, I. V. S. M., Ruddock, G. J., O’Sullivan, C. Y., Preuschoff & Corinna. (2015). The TIMSS 2015 Assesment Framework. Boston College USA : TIMSS & PIRLS International Study Center.

Nasrul. (2014). Contextual Learning Approach in Improving Critical Thinking Skills of Guidance and Counseling Students of State University of Medan. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR), 18 (1).

OECD. (2013). PISA 2015 Draft Science Framework. Paris, France: OECD.

OECD. (2016). PISA 2015 Result in Focus. Paris, France: OECD.

Rusilowati, A. (2013). Peningkatan Literasi Sains Siswa Melalui Pengembangan Instrumen Penilaian. Pidato Pengukuhan Profesor.

Rusilowati, A., Sunyoto, E.N., & Susilowati, S.M.E. (2015). Developing of Science Tectbook Based on Scientific Literacy for Grade of Secondary School. International Journal: International Conference on Mathematics, Science, and Education (ICMSE), 12 (2): 98-105.

Sarwi. & Liliasari. (2009). Penerapan Strategi Kooperatif dan Pemecahan Masalah Pada Konsep Gelombang untuk Mengembangkan Keterampilan Berfikir Kritis. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 5:90-95. ISSN: 1693-1246.

Shwartz, Y., Ben-Zvi, R., & Hofstein, A. (2006). The Use of Scientific Literacy Taxonomy for Assessing the Development of Chemical Literacy Among High-School Students, The Royal Society of Chemistry Journal: Chemistry Education Research and Practice, 2006, 7 (4), 203-225.

Simamora, H.R. (2009). Buku Ajar Pendidikan dalam Keperawatan. Jakarta: Buku Kedokteran EGC.

Stošić, L. (2015). The Importance Of Educational Technology In Teaching. Serbia: (IJCRSEE) International Journal of Cognitive Research in Science, Engineering and Education, 3 (1).

Tim FIP-UPI. (2007). Ilmu dan Aplikasi Pendidikan: Bagian 1 Ilmu Pendidikan Teoritis. Bandung: Grasindo.

Trianto. (2008). Mendesain Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) di Kelas. Jakarta: Cerdas Pustaka Publisher.

Wicaksono, A., dkk. (2015). Teori Pembelajaran Bahasa: Suatu Catatan Singkat. Yogyakarta: Garudhawaca.

Widyaningtyas, R.S., Rusilowati., & Mosik. (2014). Pengembangan Komik Bervisi SETS untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD Kelas IV Materi Sumber Daya Alam dan Kebencanaan Alam. Unnes Physics Education Journal (UPEJ) 3 (1). ISSN: 2252-6935.




DOI: http://dx.doi.org/10.24905/psej.v2i2.754

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 PSEJ (Pancasakti Science Education Journal)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


PSEJ index:

           

 

This work is licensed under a

Creative Commons License

Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.