Analisis Kualitas Pertanyaan pada Penggunaan Model Discovery Learning disertai Dialog Socrates

Chrisnia Octovi, Linnasif Sari Dewi, Suciati Suciati

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kualitas pertanyaan siswa pada penggunaan model discovery learning disertai dialog Socrates. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan subyek penelitian siswa kelas XI SMA di Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 26 siswa. Data kualitas pertanyaan siswa dikategorikan menjadi 3 (tinggi, sedang, rendah) yang diperoleh dari pertanyaan yang dibuat oleh siswa. Teknik non-tes digunakan untuk pengumpulan data yaitu menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan kualitas pertanyaan yang dibuat siswa pada kategori sedang sebesar 75%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pertanyaan yang dibuat oleh siswa pada penggunaan model discovery learning disertai dialog Socrates mengalami peningkatan dari kategori rendah ke kategori sedang.

Kata Kunci: Dialog Socrates, kualitas pertanyaan, model discovery learning

Full Text:

PDF

References


Bajah, S.T & Asim, A.E. (2002). Construction and science learning Experimental evidence in a Nigeria Setting. Word Council for Curriculum and Instruction(WCCI). Nigeria, 3 (1).105-114.

Howe, R. W. (1990), Trends and Issue in Science Education: Curriculum and Instruction, ERIC Clearinghaouse for Science, Mathematics and Environmental Education, Ohio.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.(2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 103 tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah

Koellner-Clark, K., Stallings, L. L., & Hoover, S. A. (2002). “Seminar Socratic for Mathematics.” Mathmatic Teacher, 95(9), hlm. 682-687.

Marbach-Ad, G. & Sokolove, P.G. (2000). Good Sains Begin Question Answering the Need for High Level Question in Science. Journal of College Science Teaching. Vol XXX. No. 3.

Martins, O. O. and Oyebanji, R. K. (2000). The effect of inquiry and lecture teaching approaches on the cognitive achievement of integrated science students. Journalof science Teachers Association of Nigeria, 35 (1&2), 25-30.

Paraskevas, A. & Wickens, E. (2007). “Andragogy and the Socratic Method: the Adult Learner Perspective.” Journal of Hospitality, Leisure, Sport & Tourism Education, 2(2), hlm.4-14.

Tucker, J. P. & Neely, P. W. (2010). “Using Web Conferencing and the Socratic Method to Facilitate Distance Learning.”International Journal of Instructional Technology and Distance Learning, 7(6), hlm.15-22.

Rahmat, Adi. (2010). Kajian Terhadap Metode Dan Pendekatan Pembelajaran Biologi Di Sma: Kesenjangan Dalam Pembelajaran Di Kelas. Jurnal Pengajaran MIPA, Volume 15, Nomor 1, April 2010, hlm.25-34.

Ramlim, M., Rakhmawati, E., Hendarto, P., and Winarni. (2017). Process of Argumentation in High School Biology Class: A Qualitative Analysis. Journal of Physics: Conf. Series 812 (2017) 012007.

Swaak, J; de Jongw, T and van Joolingenz, W. 2004. The Effects of Discovery Learning and Expository Instruction on the Acquisition of Definitional and Intuitive Knowledge.Journal of Computer Assisted Learning 20, 225-234.

Ultanir, Y. D. & Ultamir, E. (2010). “Exploring the Curriculum Dimensions of TheoriesBased Adult Education, a Sample Course of Southeast Anatolian Region.” International Journal of Instruction, 3(2), hlm. 3-24.

Veermans, Koen. (2003). Inteiligent Support for Discovery Learning.Netherlands: Tweente University Press.

Yamin, Martinis. (2007). Kiat Membelajarkan Siswa. Jakarta: Gaung Persada Press.

Yunarti, Tina. (2011). Pengaruh Metode Socrates terhadap Kemampuan dan Disposisi Berpikir Kritis Matematis Siswa SMA.Disertasi-UPI. Bandung: UPI.




DOI: http://dx.doi.org/10.24905/psej.v2i2.756

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 PSEJ (Pancasakti Science Education Journal)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


This work is licensed under a

Creative Commons License

Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.