Pengembangan Media Pembelajaran Keanekaragaman Hewan Berbasis Game - Offline Pada Mahasiswa Calon Guru Pendidikan Biologi Universitas PGRI Semarang

Rivanna Citraning Rachmawati, Atip Nurwahyunani

Abstract


Penelitian “Pengembangan Media Pembelajaran Keanekaragaman Hewan Berbasis Game - Offline Pada Mahasiswa Calon Guru Pendidikan Biologi Universitas PGRI Semarang“ dilaksanakan dengan tujuan menyediakan bahan ajar yang tepat untuk meningkatkan pemahaman konsep dan klasifikasi tentang vertebrata khusus nya Amphibia. Metode penelitian ini merupakan metode Pengembangan  media pembelajaran, diawali dengan tahapan  analisis kebutuhan yang selanjutnya dikembangkan story board, pengembangan maket game edukasi, CD interaktif game offline dan buku panduan. Hasil penelitian bahan ajar berupa media Game Edukasi Amfibia telah dinyatakan memiliki validitas aspek media dengan kriteria kelayakan sangat layak dengan skor yang diperoleh 3,5. Sehingga dapat disimpulkan media Game Edukasi “Amfibia” sangat layak dan direkomendasikan untuk menunjang pembelajaran keanekaragaman hewan khususnya materi “Class Amphibia”.


Keywords


Game Edukasi, Amfibia

Full Text:

PDF

References


Anneahira. (2011). Mengenal Macam-Macam Games. [online]. Tersedia: http://www.anneahira.com/macam-macam-games.htm Diakses 19/09/2017 Azhar Arsyad. (2002). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada. Creswell, John W & Vicki L. Piano Clark. (2007). Designing and Conducting:Mixed Methods Research. London: Sage Publications Dani M. (2008). Pembelajaran Interaktif dan Aktraktif Berbasis Game dan Animasi untuk Pendidikan Dasar dan Menengah di Indonesia. Paper pada e- Indonesia Initiative 2008 Konferensi dan Temu Nasional Teknologi informasi dan Komunikasi untuk Indonesia. Jakarta. http://iatt.kemenperin.go.id/tik/fullpaper/fullpaper183_MohamadDani.pdf. Diakses, 19/09/2017. Handriyantini. (2009). Permainan Edukatif Berbasis Komputer Untuk Siswa Sekolah Dasar. Malang : Sekolah Tinggi. Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi. Jakarta : Rineka Cipta. Sudrajat Akhmad. (2008). Pengertian, Fungsi, dan Jenis Media Pembelajaran. https://akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/01/12/konsep-media-pembelajaran/. Diakses 19/09/2017. Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif & RND. Bandung : Alfabeta. Susanto. Eko. (2009). 60 Games untuk Mengajar. Yogyakarta : Lukita Warsita B. (2008). Teknologi Pembelajaran, Landasan dan Aplikasinya. Jakarta : PT Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.24905/psej.v3i1.796

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 PSEJ (Pancasakti Science Education Journal)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.