Perbedaan Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) dan Problem Based Learning (PBL) Ditinjau dari Pencapaian Keterampilan Proses Siswa

Murniyati Murniyati, Winarto Winarto

Abstract


Tujuan penelitian ini mengetahui perbedaaan model PjBL dengan model PBL ditinjau dari keterampilan proses sains siswa kelas V. Metode penelitian ini adalah Quasy Exsperimental tipe Non equivalent Control Group Pretest- Posttest Group Design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IVA dan IVB SD Islam Ta’allumul Huda yang berjumlah 40 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan test  dan obeservasi. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi dan tes dalam bentuk uraian. Pengujian hipotesis  menggunakan analisis T-test sampel independent dengan taraf signifikansi 5%. Hasil analisis  diperoleh Sig. (2-tailed) nilai pencapaian keterampilan proses IPA adalah 0,029 lebih kecil dari 0,05 (0,029 < 0,05), sehingga dapat disimpulkan Ha diterima dan Ho ditolak. Kesimpuan penelitian ini terdapat perbedaan penerapan model Project Based Learning (PjBL) dan Problem Based Learning (PBL) ditinjau dari  pencapaian keterampilan proses siswa pada pelajaran IPA kelas IV di SD Islam Ta’allumul Huda Bumiayu.

Kata Kunci: Problem Based Learning, Project Based Learning, Keterampilan Proses Sains, Sekolah Dasar.


Full Text:

PDF

References


Arends, Richard I. 2008. Learning To Teach: Belajar Untuk Mengajar. Buku Dua. (Penterjemah : Helly Prayitno Soetjipto dan Sri Mulyantini S.) Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Arikunto, Suharsimi. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif danR&D.Jakarta: Bumi aksara.

Handika, Muhammah Nur Wangid. 2013. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Penguasaan Konsep Dan Keterampilan Proses SainsSiswa Kelas V. Vol 1(1). 86-94.

Hayati, dkk. 2013. Pengembangan Pembelajaran IPA SMK Dengan Model Kontekstual Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Keterampilan Proses Sains Siswa. Edukasi. JPII 2 (1) (2013) 53-58.

Lisa, Sudana, dan Riastini. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas V SD Di Gugus IV Diponegoro Kecamatan Mendoyo. Vol. 2. No.1. Singaraja : Universitas Pendidikan Ganesha.

Priyatno, Dewi. 2012. Belajar Cepat Olah Data Statistik dengan SPSS. Yogyakarta: C. V Andi Offset.

Purwandari, Novita. 2015. Upaya Meningkatkan Keterampilan Proses Dan Hasil Belajar Ipa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Srandakan. Universitas Negeri Yogyakarta.

Riduwan. 2014. Dasar-dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Samatowa, Usman. 2011. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: Indeks.

Sanjaya, Wina. 2012. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media group.

Siwa, dkk. 2013. Pengaruh pembelajaran Berbasis Proyek Dalam pembelajaran Kimia Tewrhadap Keterampilan Proses Sains Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa. Vol. 3.1-13.

Sugiyono. 2016. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, Wiratna V dan Poly Endrayanto. 2012. Statistika Untuk Penelitian. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sujarweni, V. Wiratna. 2015. Akuntansi Desa: Panduan Tata Kelola Keuangan Desa. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media group.

Trianto, 2010.Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, Konsep, landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum TingkatSatuan Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media group.




DOI: http://dx.doi.org/10.24905/psej.v3i1.914

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 PSEJ (Pancasakti Science Education Journal)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


This work is licensed under a

Creative Commons License

Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.