Peningkatan Hasil Belajar Impuls dan Momentum dengan Pembelajaran TSTS Berbantuan Kartu Masalah

Rosa Herawati

Abstract


Penelitian bertujuan meningkatkan keaktifan dan hasil belajar Impuls dan Momentum kelas X MIPA 1. Menggunakan metode analisis diskriptif komparatif dengan model pembelajaran two stay two stray berbantuan kartu masalah. Penelitian dalam dua siklus, siklus I tiga pertemuan. Akhir pertemuan diadakan evaluasi, hasil analisis dan refleksi siklus I ada dua kompetensi masih kurang. Dilakukan siklus II terdiri dari dua pertemuan, model two stay two stray berbantuan kartu masalah dengan merubah anggota pada masing-masing kelompok. Perolehan nilai kedua kompetensi meningkat. Indikator Hukum Kekekalan Momentum siklus I : 59,4 siklus II : 90, indikator Tumbukan nilai rata-rata siklus I : 25 siklus II : 80,6. Perolehan rata-rata nilai kelompok meningkat, siklus I : 66,43 siklus II menjadi 83,99. Keaktifan peserta didik masing-masing indikator meningkat. Perbandingan evaluasi siklus I dan siklus II disimpulkan pembelajaran two stay two stray berbantuan kartu masalah meningkatkan keaktifan dan hasil belajar Impuls dan Momentum kelas X.MIPA 1  SMA  4 Tegal.

Kata Kunci: Hasil Belajar Fisika,  Keaktifan , TSTS

Full Text:

PDF

References


Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Suprijono, Agus, 2009. Cooperatif Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM,Yogyakarta: PT. Pustaka Pelajar.

Hamalik, 2010. Teori Belajar, Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Rifa’i, Anni dan Tri, AC, 2010. Psikologi Pendidikan, Semarang : UNNES PRESS

Wina Sanjaya, 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta : Kencana Prenada Media.

(http://www.pengertiandefinisi.com/2011/05/pengertian-aktivitas-belajar.html).

(http://id.shvoong.com/social-sciences/1961162-aktifitas-belajar/#ixzz11MX2gCFB).

Dokumen Kurikulum SMAN 4 Kota Tegal tahun 2016/2017.

Budi, Azam, 2016. Fisika 1 untuk Kelas X SMA dan MA kelompok Peminatan MIPA, Solo : Wangsa Jatra Lestari.




DOI: http://dx.doi.org/10.24905/psej.v3i1.915

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 PSEJ (Pancasakti Science Education Journal)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


This work is licensed under a

Creative Commons License

Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.