HUBUNGAN KUALITAS PRODUK DAN PELAYANAN TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN DALAM PEMBELIAN MOBIL MERK “SUZUKI” DI KOTA TEGAL

Niken Wahyu Cahyaningtyas

Abstract


Penelitian ini pertama-tama bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kualitas produk dan pelayanan terhadap minat beli konsumen dalam pembelian Mobil Merk ”Suzuki” di Kota Tegal.

Hipotesis yang diuji adalah (1) terdapat hubungan positif antara kualitas produk dengan minat beli konsumen dalam pembelian Mobil Merk ”Suzuki” di Kota Tegal ; (2) terdapat hubungan positif antara pelayanan dengan minat beli konsumen dalam pembelian Mobil Merk “Suzuki” di Kota Tegal ; (3) terdapat hubungan positif antara mutu produk dan pelayanan secara bersama-sama dengan minat beli konsumen dalam pembelian Mobil Merk “Suzuki” di Kota Tegal.

Instrumen penelitian untuk mutu produk pelayanan dan minat beli konsumen didasarkan pada validitas. Kehandalan dihitung dengan rumus Alpha Cronbach. Hasil uji coba menunjukkan bahwa kehandalan masing-masing instrumen adalah sebagai berikut : mutu produk a = 0,9021 , pelayanan a = 0,9345 dan minat beli konsumen a = 0,9536. Analisis data menggunakan rumus Korelasi dan Regresi Linier Berganda dengan bantuan program SPSS 10.

Hasil data menyimpulkan hal-hal sbb : Pertama terdapat hubungan positif antara mutu produk (X1) dengan minat beli konsumen dalam pembelian Mobil Merk ”Suzuki” di Kota Tegal (Y) dengan persamaan Regresi Y = 22,78 + 0,692 X1 dan koefisien korelasi r1 = 0,710 , signifikan pada 0,05. Kedua terdapat hubungan positif antara pelayanan (X2) dengan minat beli konsurnen dalam pembelian Mobil Merk ”Suzuki” di Kota Tegal (Y), dengan persamaan regresi = 13,353 + 0,805 X2 dan koefisien korelasi r2 = 0,724, signifikans pada 0,05. Ketiga terdapat hubungan positif antara Mutu Produk (X1) , Pelayanan (X2) secara bersama-sarna dengan Minat Beli Konsumen dalam pembelian Mobil Merk ”Suzuki” di Kota Tegal dengan persamaan regresi linier berganda = 10,798 + 0,361 X1 + 0,483 X2 dan koefisien korelasi berganda R = 0,760 signifikans pada 0,05. Hasil penelitian ini diharapkan berguna untuk meningkatkan mutu produk dan pelayanan dealer Mobil Merk "Suzuki” di Kota Tegal sehingga terjadi peningkatan minat beli konsumen dalam pembelian Mobil Merk ”Suzuki” di Kota Tegal.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.