ANALISIS PENGGUNAAN MODAL DAN PENGARUHNYA TERHADAP EFISIENSI USAHA PADA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM TEGAL

Inayah Adi Sari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan modal dalam hubungannya dengan tingkat efisiensi usaha pada Perusahaan Daerah Air Minum Kota Tegal, serta untuk mengetahui sumber dana yang mempunyai pengaruh lebih besar terhadap rentabilitas modal sendiri diantara modal asing dan modal sendiri.

Tingkat rentabilitsas ekonomis yang dicapai oleh Perusahaan Daerah Air Minum Kota Tegal rata-rata sebesar 23%. Hal ini jika dibandingkan dengan tingkat suku bunga deposito yang besarnya rata-rata 6%, maka dapat dikatakan bahwa usaha yang telah dijalankan oleh PDAM Kota Tegal sudah efisien.

Untuk menguji pengaruh besarnya modal asing dan modal sendiri terhadap rentabilitas modal sendiri secara parsial, digunakan uji t. dari hasil perhitungan diperoleh nilai t hitung untuk modal asing (X1)sebesar 0,439, sedangkan nilai t table sebesar 2,571. Jadi modal sendiri tidak mempunyai pengaruh yang berarti terhadap naik atau turunnya rentabilitas modal sendiri yang dicapai oleh perusahaan.

Dengan melihat hasil perhitungan diperoleh nilai t hitung untuk XI sebesar 0,439 yang lebih besar dari t hitung untuk X2 sebesar – 0,310, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan modal asing mempunyai pengaruh yang lebih besar terhadap rentabilitas modal sendiri dibandingkan dengan penggunaan modal sendiri.

Kata Kunci  : Modal Sendiri, Modal Asing, Rentabilitas Modal Sendiri


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.