Main Article Content
Abstract
Penggunaan kendaraan bermotor semakin bertambah dengan pesat, begitu pula emisi gas
buang yang dihasilkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kadar emisi gas
buang dari kendaraan bermotor. Salah satu inovasi yang dapat diambil adalah penambahan zat
aditif dengan premium. Untuk melihat pengaruh campuran premium dengan variasi penambahan
zat aditif terhadap emisi gas buang yang dihasilkan dilakukan pengujian empat jenis bahan bakar
yaitu premium tanpa zat aditif, campuran premium dengan zat aditif 5 ml, 7 ml dan 9 ml.
pengujian dilakukan pada motor Yamaha Vega. Hasil pengujian menunjukan bahwa
penambahan zat aditif menurunkan kadar emisi gas buang CO sebesar 1.402 %, kadar HC
sebesar 32.8 ppm, dan mengalami peningkatan kadar CO2 sebesar 0.333 %, kadar O2 sebesar
1.407 % dari kadar rata – rata emisi gas buang yang menggunakan premium tanpa zat aditif,
menggunakan campuran premium dengan zat aditif 5 ml,7 ml dan 9 ml. Disini diperoleh
penurunan dan peningkatan kadar emisi gas buang yang paling baik pada penggunaan campuran
premium dengan zat aditif 9 ml untuk penurunan kadar CO, HC dan peningkatan kadar O2, serta
peningkatan kadar CO2 pada penggunaan campuran premium dengan zat aditif 7 ml.
Kata kunci : Emisi gas buang, premium, zat adit
buang yang dihasilkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kadar emisi gas
buang dari kendaraan bermotor. Salah satu inovasi yang dapat diambil adalah penambahan zat
aditif dengan premium. Untuk melihat pengaruh campuran premium dengan variasi penambahan
zat aditif terhadap emisi gas buang yang dihasilkan dilakukan pengujian empat jenis bahan bakar
yaitu premium tanpa zat aditif, campuran premium dengan zat aditif 5 ml, 7 ml dan 9 ml.
pengujian dilakukan pada motor Yamaha Vega. Hasil pengujian menunjukan bahwa
penambahan zat aditif menurunkan kadar emisi gas buang CO sebesar 1.402 %, kadar HC
sebesar 32.8 ppm, dan mengalami peningkatan kadar CO2 sebesar 0.333 %, kadar O2 sebesar
1.407 % dari kadar rata – rata emisi gas buang yang menggunakan premium tanpa zat aditif,
menggunakan campuran premium dengan zat aditif 5 ml,7 ml dan 9 ml. Disini diperoleh
penurunan dan peningkatan kadar emisi gas buang yang paling baik pada penggunaan campuran
premium dengan zat aditif 9 ml untuk penurunan kadar CO, HC dan peningkatan kadar O2, serta
peningkatan kadar CO2 pada penggunaan campuran premium dengan zat aditif 7 ml.
Kata kunci : Emisi gas buang, premium, zat adit
Article Details
Copyright Notice
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).