Main Article Content

Abstract

Ketersediaan cadangan minyak bumi di Indonesia semakin menurun, akan tetapi perkembangan industri otomotif mengalami kemajuan. Hal ini sangatlah kontraproduktif dengan cadangan minyak yang semakin langka. Untuk mengatasi dampak tersebut, maka perlu dilakukan penelitian tentang model/bentuk mobil yang dapat mengurangi hambatan udara saat melaju sehingga mempengaruhi konsumsi bahan bakar. Penelitian ini dilakukan dengan membuat body mobil dengan desain yang aerodinamika. Tujuan penelitian ini juga dimaksudkan untuk mendapatkan nilai koefisien drag, karena nilai tersebut sangat berpengaruh terhadap konsumsi energi/bahan bakar. Penelitian ini dilakukan secara simulasi dengan menggunakan Computational Fluid Dynamic. Metode turbulance yang digunakan k-? dan metode diskretisasinya Second Order Upwind, dan menggunakan kecepatan 15 km/jam. Dari data simulasi yang dilakukan diperoleh hasil yakni 0,4 dan karakteristik udara di sekitar mobil pada saat melaju.


Kata kunci: Aerodinamika, Mobil Hemat Energi, Computational Fluid Dynamics, Koefisien drag.

Keywords

aerodinamika mobil hemat energi computational fluid dynamics koefisien drag

Article Details