OPTIMALISASI PRODUKSI HIDROGEN PADA HYDROGEN REFORMER DENGAN PROSES PEMECAHAN MINYAK JARAK (JATROPHA OIL)

Agus Wibowo, Irfan Santosa

Abstract


Tujuan dari penelitian ini yaitu secara jangka panjang mengeksplorasi kemungkinan penyediaan dan pengunaan biofuel dengan target khusus pada minyak jarak (jatropha oil) yang sangat mudah tumbuh di Indonesia.dan pada penelitian terdahulu telah di peroleh hasil bahwa minyak jarak yang dicampur air dapat menghasilkan hydrogen.sehingga pada penelitian ini lebih menekankan pada peningkatan hasil hidrogennya dengan meenggunakan hydrogen reformer.

Penelitian dilakukan untuk mencari variasi perbandingan yang menghasikan kapasitas produksi gas paling optimal dengan gas hidrogen yang banyak , enengi yang diperlukan untuk reaksi serta mencari perbandingan yang optimal campuran minyak jarak dan air pada kualitas hasil reaksi yang menghasilkan hidrogen paling optimal. Eksperimen menggunakan variasi perbandingan 1:1, 1:1,5, 1:2 dan 1:3 antara minyak jarak dengan air yang dipanaskan pada suhu rata-rata 700oC pada pemanas 1 dan suhu rata-rata 700oC pada pemanas 2 serta pada katalis dengan suhu rata-rata 300oC.

Hasil yang diperoleh yaitu variasi perbandingan 1:1 merupakan campuran yang menghasikan kapasitas produksi gas paling besar yaitu menghasilkan 0,0967 mL/dt dan energi yang diperlukan sebesar 0,0646 KJ tiap detik. Namun untuk kualitas pembakaran hasil gas atau produksi hidrogen terbaik di peroleh pada campuran minyak jarak dan air dengann perbandingan 1:1,5 yang ditunjukan dengan jumlah api hidrogen paling besar.

Kata Kunci: Minyak jarak, Hidrogen reformer, Laju reaksi


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Visitor statistic of Engineering