PENGARUH BENTUK PLAT ARBSORBER PADA SOLAR WATER HEATER TERHADAP EFISIENSI KOLEKTOR

Galuh Renggani Wilis

Abstract


Energi fosil di bumi sangat terbatas jumlahnya. Sedangkan pertumbuhan penduduk dan perkembangan teknologi meningkat pesat. Hal ini menyebabkan penggunaan energy di muka bumi ini semakin bertambah pula. Salah satu upaya mendapatkan sumber energy adalah dengan membuat penelitian – penelitian dengan memanfaatkan energy surya seperti pada penelitian ini menggunakan Solar Water Heater atau pemanas air dengan energy surya.

Dalam melakukan kajian eksperimen, digunakan Prototipe Solar Water Heater dengan dua jenis tiep absorber yaitu plat absorber tipe datar dan plat absorber tipe bergelombang. Dalam kajian ini data akan diambil pada jam 10.00 WIB sampai dengan jam 14.00 WIB hal ini dikarenakan dibulan Oktober 2013cuaca dibawah jam 10.00 WIB sering terjadi berawan. Penelitian dilakukan di dekat kampus UPS Tegal yang berjarak 500 m dari tepi pantai.

Dari analisa dan pembahasan menghasilkan Desain prototipe Solar Water Heater akan digunakan untuk melakukan pengujian unjuk kerja (Effisiensi) 2 (dua) buah plat abasorber yaitu plat seng datar dan plat seng bergelomnang. Plat absorber tipe seng datar memiliki daya serap panas yang tinggi dengan mampu menyimpan panas pada temperatur 56 oC pada jam 12.00 WIB, sementara plat seng bergelombang mampu menyimpan panas pada temperatur 48 oC pada jam 13.00 WIB.Nilai Effisiensi maksimal yang diperoleh adalah plat absorber tipe datar sebesar 85.14 plat absorber tipe bergelombang sebesar 57.54. Dapat dismpulkan bahwa dalam penelitian dengan menggunakan prototipe Solar Water Heataer bahwa jenis plat absorber seng datar lebih sesuai untuk digunakan sebagai plat absorber.

Kata kunci : energy surya, solar water heater, plat arbsorber


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Visitor statistic of Engineering