ANALISA KELAYAKAN EKONOMI DAN STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA KONVEKSI CAHAYA PERMATA

Mujito Sandi Laksono, Siswiyanti ,, M Fajar Nurwildani

Abstract


Dewasa ini pertumbuhan dan persaingan, perkembangan usaha semakin ketat karena pada tahun ini akan diadakan pasar bebas dengan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA ), Tegal merupakan kota dengan berbagai ketrampilan, ada usaha bubut, konveksi maupun usaha-usaha kecil seperti tempe, krupuk maupun tahu.Tegal dengan potensi yang besar untuk melakukan kegiatan usaha yang salah satunya adalah Usaha konveksi cahaya permata yang bertempat di Jln. Prof. Moh. Yamin Slawi. Dengan semakin pesat dan ketatnya persaingan didunia usaha konveksi, maka perlu dilakukan pengembangan usaha guna memenuhi kebutuhan dan permintaan dari konsumen yang semakin tinggi dan bervariatif. pemilik usaha konveksi cahaya permata harus mampu bersaing dan mampu memenuhi kebutuhan   permintaan   pelangan.Dengan demikian   penelitian   ini   dilakukan   untuk mengetahui kelayakan  usaha  dan  menentukan  strategi  untuk mengembangkan  usaha tersebut dengan metode SWOT. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Pertama yang akan dilakukan dalam penelitian ini adalah observasi atau pengamatan, pencatatan dan dokumentasi   terhadap   aktifitas kerja   yang   ada   pada   Usaha   Konveksi   CAHAYA PERMATA secara  langsung.  Setelah  itu  dilakukan  wawancara  agar dapat  mengetahui proses produksi dan alat yang digunakan serta data finansial.kemudian melakukan perhitungan kelayakan ekonomi pada usaha tersebut,setelah itu melakukan analisis faktor internal dan eksternal untuk melakukan perhitungan SWOT untuk menentukan strategi yang akan digunakan. Hasil penelitian ini dapat diketahui, Usaha konveksi cahaya permata memiliki nilai NPV positif sebesar Rp. 225.660.894,5,dengan BEP sebanyak 386 unit.lama pengembalian modal investasi selama 2,4 tahun dilihat dari perhitungan Payback Periode dengan nilai B/C >1 maka usaha konveksi cahaya permata layak untuk dilakukan investasi.Matrik internal dan eksternal menunjukkan pada 2,075 pada faktor internal dan 2,05 pada factor eksternal. Hal ini berarti usaha konveksi cahaya permata berada pada posisi V dengan strategi konsentrasi melalui integrasi horizontal atau stabilitas (tidak ada perubahan dalam pendapatan). Karena kekuatan yang dimiliki lebih sedikit dan adanya kelemahan membuat usaha konveksi cahaya permata harus memanfaatkan peluang yang dimiliki.Strategi yang dipakai adalah SO (Strength Opportunities) yaitu mengatasi kelemahan-kelemahan yang ada dengan memanfaatkan peluang yang muncul.

Kata Kunci : kelayakan Usaha, SWOT, Strategi pengembangan,Net Present Value (NPV), Benefit Cost Ratio (B/C), Payback Periode (PP).


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Visitor statistic of Engineering