Main Article Content

Abstract

Modifikasi bidang otomotif yang dilakukan bertujuan untuk mendapatkan  unjuk kerja yang
lebih baik dari sebuah sistem kerja otomotif   sehingga pada penelitian ini, peneliti menganalisa
kenaikan kompresi  silinder pada sepeda motor  Supra Fit setelah diganti piston Kharisma yang
berdiameter Ø 52,3mm, dengan cara menghitung  besar diameter dalam blok silinder setelah
dimodifikasi / korter dan langkah piston dari titik mati  bawah ke titik mati atas.  Tujuan dari
diadakannya penelitian ini untuk membandingkan performa sepeda motor  standar dengan sepeda
motor hasil modifikasi sendiri dan untuk mengetahui pengaruh pengunaan piston Kharisma diameter Ø
52,3 mm terhadap volume langkah / kompresi  silinder.Metode  penelitian yang digunakan adalah
metode penelitian eksperimental  yaitu variabel yang bersaing dengan variabel independen yang
sengaja  dirancang,  dalam hal ini variabel independen
dihipotesiskan mempengaruhi perubahan dalam variabel dependen, namun bagai mana peneliti
yakin bahwa berubahan itu berubah dari ap a yang diteliti dan bukan karena sebab lainnya yang
tidak ia identifikasikan atau tetapkan sebagai variabel independen. Dari hasil penelitian tersebut,
untuk perhitungan Volume langkah / cc sepeda motor supra fit sebelum di modifikasi adalah 97,1 Cm
3
/ cc  dibulatkan menjadi 100 Cm
3
/ cc, dan setelah dirubah piston kharisma berdiameter Ø 52,3  mm
menjadi 106,8 Cm
3
/ cc yang dibulatkan menjadi 110 Cm
3
/ cc, kemudian untuk perbandingan kompresi
sebelum di modifikasi adalah 8,71634 : 1, dan setelah dirubah piston kharisma menjadi 8,71837 : 1.
Kata kunci  : Kompresi Silinder (cc), Piston, Blok Silinder, Diameter, Langkah, Titik Mati Atas,
Titik mati Bawah.

Article Details