Main Article Content

Abstract

Penelitian ini  bertujuan untuk mengetahui  angka kebisingan  pada  knalpot  bermaterial
besi,  kuningan dan  alumunium  dalam jenis  sepeda motor Honda  Revo  tahun  2008.
Pengumpulan data  dilakukan pada  kecepatan  putaran mesin  dari  1000 rpm, 1200  rpm,  3000
rpm  dan 5000  Metode  rpm.The  dalam penelitian ini adalah  eksperiment,  bahan yang
digunakan  untuk pembuangan  material  adalah besi,  kuningan,  dan aluminium.  Pengujian
tingkat kebisingan  dengan menggunakan  alat  ukur  kebisingan  (Sound Level Meter),  dengan
cara yang  lebih dekat  ke ujung  knalpot,  dengan jarak  10 cm.  Diketahui pada  kecepatan mesin
stasioner  (1000  rpm)  penggunaan bahan  aluminium dalam  knalpot  dapat  mengurangi  angka
kebisingan dan  0,43  dB pada rpm  rendah  (1200  rpm) untuk mengurangi  kebisingan  mencapai
1,05 dB. Namun, penggunaan bahan aluminium akan lebih tinggi bila tingkat kebisingan pada
kecepatan  putaran mesin  adalah  (3000  rpm)  yang  4,29  dB  dan  putaran mesin  tinggi  (5000
rpm)  mencapai  6,05  untuk buang  bermaterial  besi  yang digunakan dalam  knalpot  standar
pabrikan  itu.  Kemudian  pada penggunaan  bahan  kuningan  akan mendapatkan  tingkat
kebisingan angka lebih tinggi daripada penggunaan bahan besi, yang berkisar 0,52-2,68 dB.
Kata kunci: Kebisingan, Exhaust, kecepatan mesin.

Article Details