Main Article Content

Abstract

Penerapan Ktp-el Berdasarkan Undang – Undang Nomor 24 Tahun 2013 Tentang Administrasi Kependudukan Di Kota Tegal. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan menggambarkan bagaimana Penerapan Ktp-el Berdasarkan Undang – Undang Nomor 24 Tahun 2013 Tentang Administrasi Kependudukan Di Kota Tegal. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif, yaitu jenis penelitian yang berusaha menggambarkan dan menjabarkan gejala-gejala yang ada atau yang terjadi dalam Penerapan Ktp-el Berdasarkan Undang – Undang Nomor 24 Tahun 2013 Tentang Administrasi Kependudukan Di Kota Tegal. Data yang akan disajikan dalam penelitian ini adalah data primer yaitu, data yang diperoleh dari penelitian langsung di lapangan berupa data dari wawancara langsung serta data sekunder, yaitu data yang diperoleh melalui telaah pustaka, baik melalui buku – buku, jurnal, majalah, tulisan ilmiah, dan akses internet yang dinilai relevan dengan tema yang diangkat dalam penelitian ini. Adapun teknik analisa data yang digunakan adalah metode analisis interaktif yang merupakan rangkaian dari proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan/verifikasi data.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan Ktp-el Berdasarkan Undang – Undang Nomor 24 Tahun 2013 Tentang Administrasi Kependudukan Di Kota Tegal dirasa masih kurang maksimal, karena minimnya fasilitas atau sarana prasarana pendukung dalam Penerapan KTP-el dan kurangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya KTP-el, serta sangat terbatasnya blangko Ktp-el dan sistem jaringan yang sering mengalami troubel sehingga Penerbitan Dokumen Kependudukandan Data Kependudukan di Kota Tegal dinilai masih sulit dilaksanakan.

Article Details

References

  1. Abdul Wahab, Solichin. 2008. Analisis Kebijaksanaan (dari formulasi keimplementasi kebijaksanaan negara). Jakarta: Bumi Aksara
  2. Arikunto Suharsimi, 2002. Prosedur Penelitian Satu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rinneka Cipta.
  3. Atep Adya Barata, 2003. Dasar-dasar Pelayanan Prima, Jakarta: Gramedia.
  4. Badudu-Zein, 2001. Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka.
  5. Deddy Mulyadi, 2015, Studi Kebijakan Publik dan Pelayanan Publik, Alfabeta, Bandung
  6. Disdukcapil, 2014.Rencana Strategis (RENSTRA) Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tegal, Tegal : Disdukcapil
  7. Disdukcapil, 2014. Standar Oprasional Prosedur Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Tegal: Disdukcapil
  8. Ekowati, Mas Roro Lilik, 2005. Perencanaan Implementasi dan EvaluasiKebijakan atau Program (Suatu Kebijakan Teoritis dan Praktis).Surakarta : Pustaka Cakra
  9. Ibrahim, 2015, Metode Penelitian Kualitatif, penerbit Alfabeta, Bandung
  10. Kencana Inu, 1991.Ilmu Administrasi Publik, Jakarta, Rineka Cipta
  11. Nugroho, D, Riant. 2003. Kebijakan Publik: Formulasi, Implementasi, dan Evaluasi. PT Gramedia. Elex Widiasarana Indonesia.
  12. Siagian, 1986. Filsafat Administrasi,Jakarta, Gunung Agung
  13. STIA. Lembaga Administrasi Negara 1999, Sistem Administrasi Negara Indonesia, Granmedia, Jakarta
  14. Sugiyono, 2012. Metode Penelitian Kuantitatif dan R & D. Bandung Alfabeta
  15. Sugiyono, 2004, Metodologi Penelitian Administrasi, cetakan ke delapan, Alfabeta, Bandung