Implementasi Program Sistem Keuangan Desa (SISKEUDES) dalam Pengelolaan Keuangan Desa di Desa Slawi Kulon Kecamatan Slawi Kabupaten Tegal Tahun 2017

  • Djoko Suyono Ilmu Pemerintahan UPS Tegal
  • Fajar Eko Agung Prakoso Ilmu Pmerintahan, UPS Tegal

Abstract

Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2004 menyebutkan bahwa bagian Dari Dana Perimbangan Pusat dan Daerah yang diterima oleh Kabupaten/Kota untuk Desa, paling sedikit 10% secara proporsional pembagiannya untuk setiap Desa. Dengan adanya alokasi dana tersebut, sumber dana untuk pembangunan yang diterima oleh Pemerintah Desa untuk menunjang program-program pembangunan Desa cukup besar dan harus dikelola dengan baik dan benar, sesuai dengan kebutuhan Desa. Lantas penerapan tersebut di tuangkan dalam penelitian karena peneliti menemukan fenomena dalam kenyataan bahwa pengelolaan keuangan desa saat ini belumlah optimal dan belum terlaksana sesuai dengan kebutuhan desa dan tujuan dari otonomi daerah tersebut. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, yaitu suatu proses menemukan pengetahuan yang menggunakan data berupa hasil observasi dan wawancara sebagai alat untuk menemukan keterangan mengenai apa yang ingin kita ketahui. Sedangkan metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif dengan teknik observasi dan wawancara berupa dokumen pendukung. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi sudah berjalan baik dengan adanya sosialisasi program siskeudes diharapkan sistem pelaporan bisa terkafer semua.

 

Key word: Implementasi Program Siskeudes, Pengelolaan Keuangan Desa

References

Turner, Mark and Hulme, David ,1997. Governance, Administrasi, and Development: Making The State Work. London: MacMillan Press Ltd.

Rakhmat, Jalaluddin, 2004. Metode Penelitian Komunikasi: Dilengkapi Contoh Analisis Statistik, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Metode Penelitian Sosial. Berbagai Pendekatan Alternatif. Editor Bagong Suyanto dan Sutinah. Jakarta : Kencana. 2005.

L. Moleong, Metode Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya, Bandung, 2002. Hal. 34-35.

Masri Singarimbun dan Sofian Effendi, Metode Penelitian Sosial. Jakarta : LP3ES, 1998, hal 37.

Bedjo. 1996. Prhatian Orang Tua dari Keluarga dalam Pendidikan anak-anaknya. Majalah Ilmiah Universitas Udayana. Bali: Universitas Udayana.

Munandar, M. 2001. Budgeting. Perencanaan Kerja, Pengkoordinasian Kerja, Pengawasan Kerja. Edisi 1. Cetakan 14. BPFE: Yogyakarta.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta. Halaman 38.

Koentjaraningrat. 1984. Kamus Istilah Anhtropologi. Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. Jakarta : Depdikbud. Halaman 420.

Abdul Wahab, Solichin, 1997. Evaluasi kebijakan Publik. Penerbit FIA UNIBRAW dan IKIP Malang

Lineberry, Robet and Ira Sharkansky. 1978, Urban Politics and Public Policy, New York: Harper & Row.

Arikunto, Suharsimi, 2006, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek, Edisi Revisi, PT, Rineka Cipta, Jakarta.

Masri Singarimbun.1991. Metode Penelitian, Yogyakarta : LP3S.

Bogdan, R.C dan Biklen, S.K. (1982). Qualitative Research for Education : An Introduction to Theory and Mehtods, Boston : Allyn and Bacon, Inc

H.B. Sutopo (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif : Dasar teori dan Terapannya dalam Penelitian Surakarta: Universitas Sebelas Maret

Published
2018-01-30
Section
Articles