Pengaruh Kualitas dan Motivasi Kerja Perangkat Desa Terhadap Pelayanan Prima di Desa Tembok Banjaran Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal

  • Jihan Al Khanin Universitas Pancasakti Tegal
  • Sri Sutjiatmi Universitas Pancasakti Tegal

Abstract

Berdasarkan laporan yang bersumber dari keluhan masyarakat yang berdomisili di Desa Tembok Banjaran Kecamatan Adiwerna terhadap pelayanan yang diberikan oleh perangkat Desa yang masih perlu ditingkatkan, maka peneliti ingin melihat bagaimana pengaruh antara kualitas dan motivasi kerja perangkat Desa terhadap pelayanan Prima di Desa Tembok Banjaran. Metodologi yang digunakan adalah dengan penelitian asosiatif, yaitu penelitian yang digunakan untuk mengetahui hubungan antar dua variable, dengan cara data penelitian disajikan berdasarkan jawaban responden yang diolah menggunakan formula relasi ganda guna mengukur pengaruh kualitas dan motivasi kerja terhadap pelayanan prima di Desa Tembok Banjaran. Hasil penelitian menemukan kualitas serta motivasi dalam meningkatkan mutu pelayanan publik perangkat Desa Tembok Banjaran tergolong baik, serta ada pengaruh yang signifikan antara kualitas dan motivasi kerja perangkat desa terhadap pelayanan prima di Desa Tembok Banjaran. Maka dari itu peneliti menyarankan harus tetap adanya pengarahan dan pengawasan dari Kepala Desa terhadap Kinerja Perangkat Desa sehingga mampu meningkatkan pelayanan yang lebih baik lagi.

References

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian. Jakarta : Rhineka Cipta.

Boediono. 2003. Pelayanan Prima. Jakarta : PT. Asdi Mahasatya.

Hasibuan, Malayu. 2003. Organisasi dan Motivasi. Jakarta : Bumi Aksara.

Kurniawan, Agung. 2005. Transformasi Pelayanan Publik. Jakarta : Pembaruan.

Mulyadi, Deddy, dkk. 2016. Administrasi Publik Untuk Pelayanan Publik. Bandung : Alfabeta.

Ratminto, Warsinih dan ATik Septi. 2005. Manajemen Pelayanan. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Sarwono, Jonatan. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Siagian P, Sondang. 2004. Teori Motivasi dan Aplikasi nya. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Sinambela. 2014. Reformasi Pelayanan Publik. Jakarta : Bumi Aksara.

Siregar, Sofyan. 2010. Statistika Deskriptif untuk Penelitian. Depok : PT Rajagrafindo Persada.

Sugiyono. 1999. Statiska Untuk Penelitian Bandung : Alfabeta.

Wibowo. 2007. Manajemen Kinerja. Jakarta : PT. Rajagrafindo Persada

Published
2019-04-23
Section
Articles