Main Article Content

Abstract

Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, karena menggunakan angka-angka sebagai sumber pengolahan datanya ditunjang oleh studi kepustakaan sesuai dengan karakteristik yang diteliti dan data yang dikumpulkan. Analisis yang digunakan penulis adalah kuantitatif asosiatif, analisa yang bertujuan mengungkap ada tidaknya hubungan antara variabel Perpsepsi masyarakat tentang nilai tanah terhadap variabel keberhasilan program nasional agraria (PRONA) di Desa Jatirejo, Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Pemalang. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu Metode observasi nonpatisipan dan angket. Metode analisis data untuk penelitian ini menggunakan uji hipotesis menggunakan Rank Spearman diperoleh Ï hitung sebesar = 0,401 dikonsultasikan dengan uji signifikan menggunakan rumus Zhitung= 3,25 sedangkat Ztabel dengan derajat kesalahan 5% : 3,25 < 1,96 Zhitung < Ztabel. Maka Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga hipotesis persepsi masyarakat tentang nilai tanah berpengaruh terhadap keberhasilan program nasional agraria (PRONA) di Desa Jatirejo Kecamatan Ampelgading Kabupaten Pemalang.

Article Details

References

  1. Adrian, Sutawijaya. 2004. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Tanah Sebagai Dasar Penilaian Nilai Jual Obyek Pajak (Njop) Pbb Di Kota Semarang.Semarang : Jurnal Ekonomi Pembangunan. Vol. 9, No. 1: 65 – 78.
  2. Agustina, Agustin. 2017.Pengaruh Persepsi Masyarakat Mengenai Gender Terhaap Keterpilihan Calon Legislatif Perempuan di Kabupaten Tegal, skripsi.Universitas Pancasakti Tegal.
  3. A.P Parlindungan.1999. Pendaftaran Tanah Di Indonesia (Berdasarkan Peraturan Pemerintaha Nomor 24 Tahun 1997. Bandung: Mandar Maju. Hlm.18
  4. Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.