Pengaruh Motivasi Kerja Pegawai Terhadap Pelayanan Sertifikat Tanah pada Kantor Pertanahan Kota Tegal

Delvia Noerfaghita, Djoko Suyono

Abstract


Organisasi publik sebagai pelayan kepentingan masyarakat dapat merespon laju perkembangan masyarakat dengan menentukan visi pelayanan yang akseptabel. Untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dalam hal ini organisasi publik terutama pemerintahan yang berhubungan langsung dengan masyarakat dibutuhkan peningkatan motivasi kepada pegawai sehingga dapat melayani mayarakat dengan baik. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Tipe penelitian yang penulis gunakan adalah tipe penelitian Asosiatif dengan bentuk hubungan kausal. Berdasarkan hasil perhitungan dengan analisis korelasi product moment, diketahui 0,747 > 0,244 menunjukan tingkat hubungan yang sedang. Dengan demikian disimpulkan motivasi kerja pegawai pada Kantor Pertanahan Kota Tegal dalam kategori sedang. Hasil perhitungan menunjukan interval korelasi memiliki tingkat hubungan yang sedang, artinya hubungan kedua variabel yaitu motivasi dan pelayanan memiliki hubungan yang sesuai dengan mekanisme dan alur kerja pelayanan sehingga dapat dikatakan bahwa pelayanan terbaik diberikan oleh pegawai kepada masyarakat cukup dipengaruhi oleh motivasi yang diberikan kepada pegawai dan berdampak positif untuk pegawai dan masyarakat. Berdasarkan perhitungan koefisien determinasi diketahui bahwa nilai R sebesar 56% yang artinya pengaruh motivasi kerja pegawai terhadap pelayanan sertifikat tanah adalah sebesar 56%, dan sisanya 44% dipengaruhi oleh faktor lain diluar faktor Motivasi Kerja seperti lingkungan kerja yang menyenangkan, kerja sama yang baik antar pegawai, pekerjaan yang sesuai dengan pendidikan dan keahlian serta selalu berusaha memberikan yang terbaik.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.

Jakarta : Rineka Cipta. Arikunto, Suharsimi. (2013). Manjemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Harsono, Buedi. (2008). Hukum Agraria Indonesia. Jakarta : Djambatan.

Hasibuan, Malaya SP. (2006). Organisasi dan Motivasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Mangkunegara, A.A. Anwar Prabu. (2001). Manajemen Sumber Daya Manusia

Perusahaan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Moenir. (2006). Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: Bumi

Aksara.

Ridwan. (2009). Dasar-dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Siswanto, Bejo. 2006. Manajemen Tenaga Kerja Indonesia Pendekatan

Administratif dan Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.

Sudjana. 2007. Metode Penelitian. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. (2003). Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Uno, Hamzah B. (2006). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang

Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.24905/pgj.v2i1.1251



DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.24905/pgj.v2i1.1251.g939

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Pancasakti Government Journal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Prodi Ilmu Pemerintahan,
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP)
Universitas Pancasakti Tegal