Main Article Content

Abstract

Peningkatan kualitas Sumber Daya Manuasia (SDM) merupakan salah satu fokus pemerintah untuk mengurangi angka kemiskinan di Indonesia. Hal ini disebabkan karena masih rendahnya kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), terkait dengan masih terbatasnya akses di dalam bidang kesehatan dan pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi tingkat pelaksanaan Program Keluarga Harapan (PKH) di desa Kertasinduyasa kecamatan Jatibarang kabupaten Brebes. Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif, teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan observasi. Dari hasil penelitian diketahui bahwa proses pelaksanaan Program Keluarga Harapan (PKH) di Desa Kertasinduyasa Kecamatan Jatibarang Kabupaten Brebes sudah berjalan baik, terlihat dari proses kegiatan pertemuan awal, pendampingan pencairan bantuan, pemutakhiran data, dan verifikasi komitmen peserta. Hanya saja kekurangan dari PKH ini berdampak maasih banyaknya RTSM yang mempunyai rasa ketergantungan dari bantuan PKH. Lalu untuk proses pemutakhiran data harus ditingkatkan lagi karena proses ini berkaitan sekali dengan nominal yang diberikan pada saat pencairan nanti. Selanjutnya, UPPKH Kecamatan jatibarang perlu meningkatkan kinerja antara lembaga internal dan eksternal karena program ini pada dasarnya program lintas antar lembaga.

Article Details

References

  1. Pusat Statistik Kabupaten Brebes. 2009. Indikator Kesejahteraan Rakyat Brebes
  2. Direktorat Jendral Bantuan dan Jaminan Sosial. 2008. Pedoman Operasional PKH bagi Pemberi Pelayanan Kesehatan. Jakarta. Indonesia.
  3. Direktorat Jendral Bantuan dan Jaminan Sosial. 2008. Pedoman Operasional PKH bagi Pemberi Pelayanan Pendidikan. Jakarta. Indonesia.
  4. Direktorat Jendral Bantuan dan Jaminan Sosial. 2009. Pedoman Umum Program Keluarga Harapan (PKH). Jakarta. Indonesia.
  5. Kementerian Sosial Republik Indonesia. 2016. Pedoman Pelaksanaan Program Keluarga Harapan (PKH). Jakarta. Indonesia.
  6. Moleong, Lexy J. 2001. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  7. Muhadjir, Noeng. 2000. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Penerbit Rake Sarasin.
  8. Permana, Edwin Satria. 2012. “Evaluasi Pelaksanaan Program Keluarga Harapan (PKH) di Kelurahan Saruni Kecamatan Majasari Kabupaten Pandeglang tahun 2010”. Skripsi. Serang: Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
  9. Permana, Lulu. 2013. “Peranan Program Keluarga Harapan (PKH) tahun 2012 dalam Upaya Peningkatan Pendidikan di Desa Kaligangsa Wetan Kabupaten Brebes”. Skripsi. Tegal: Universitas Pancasakti Tegal.