Rekrutmen dan Peranan Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa (KPMD Dalam Pelaksanaan Pendampingan Desa di Desa Pulosari Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes

Alvin Gianini, Erny Rosyanti

Abstract


Untuk mengetahui Rekrutmen dan Peranan Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa (KPMD) Dalam Pelaksanaan Pendampingan Desa di Desa Pulosari Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes beserta kendala yang menghambat Rekrutmen dan Peranan KPMD Dalam Pelaksanaan Pendampingan Desa di Desa Pulosari Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes. Tipe penelitian yang digunakan adalah tipe penelitian deskriptif kualitatif, dimana dalam penelitian ini berusaha menggambarkan bagaimana rekrutmen dan peranan KPMD dalam pelaksanaan Pendampingan Desa. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah studi pustaka, observasi dan wawancara kepada 7 informan. Berkaitan dengan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat diketahui ada beberapa tahapan rekrutmen yang tidak sesuai dengan peraturan tentang Rekrutmen Kader pemberdayaan Masyrakat Desa (KPMD) serta ada beberapa Peran KPMD yang belum di laksanakan dengan baik.

Full Text:

PDF

References


Ahmad Erani Yustika. 2016 Pendamping Desa. Jakarta: Kementerian Daerah Tertinggal Dan Transmigrasi Republik Indonesia.

Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa Prov, Aceh. 2015. Materi Pelatihan Pra Tugas Pendamping Desa 2015. Aceh: Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa Prov, Aceh.

Borni Kurniawan. 2015. Desa Mandiri,Desa Membangun. Jakarta: Kementerian Daerah Tertinggal Dan Transmigrasi Republik Indonesia.

Dindin Abdhullah Ghozali. 2015. Kader Desa Penggerak Masyarakat Desa. Jakarta: Kementerian Daerah Tertinggal Dan Transmigrasi Republik Indonesia.

Direktorat Jenderal Pembangunan Dan Pemberdayaan Masyarakat Desa. 2016. Pokok – pokok Kebijakan Penggunaan Dana Desa Tahun 2016. Jakarta: Kementerian Daerah Tertinggal Dan Transmigrasi Republik Indonesia.

Jackson, Susan E. 1997. Manajemen Sumber Daya Manusia (alih bahasa Dwi Kartini Yahya), cetakan 1. Jakarta: Erlangga.

Kemendesa. 2015. Program Pembangunan Dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD). Online. www.kemendesa.go.id

Kementerian Daerah Tertinggal Dan Transmigrasi Republik Indonesia. 2015. Siklus Keuangan Desa. Jakarta: Kementerian Daerah Tertinggal Dan Transmigrasi Republik Indonesia.

Kementerian Daerah Tertinggal Dan Transmigrasi Republik Indonesia. 2015. Modul Pelatihan Dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pendamping Lokal Desa. Jakarta: Kementerian Daerah Tertinggal Dan Transmigrasi Republik Indonesia.

Kementerian Dalam Negeri RI. 2007. Peraturan Menteri Dalam Negeri RI No 7 Tahun 2007 Tentang Kader Pemberdayaan Masyarakat. Jakarta.

Kementerian Dalam Negeri RI. 2014. Peraturan Menteri Dalam Negeri RI No 113 Tahun 2014 Tentang Pengelolaan Keuangan Desa. Berita Negara RI tahun 2014 No 2093. Jakarta.

Kementerian Sekretariat Negara RI. 2014. Undang – Undang RI No 6 tahun 2014 Tentang Desa. Lembaran Negara RI Tahun 2014 No 7. Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.24905/pgj.v2i2.1259



DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.24905/pgj.v2i2.1259.g947

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Pancasakti Government Journal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Prodi Ilmu Pemerintahan,
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP)
Universitas Pancasakti Tegal