Main Article Content

Abstract

BUMDes yang dianggap berhasil mengelola dan mengembangkan secara baik salah satunya adalah BUMDes Panggung Lestari di Desa Panggungharjo, Sewon, Bantul, Provinsi D.I Yogyakarta. BUMDes tersebut bernama BUMDes "Panggung Lestari" yang bergerak pada jasa pengelolaan lingkungan. Modal sosial merupakan salah satu unsur penting untuk mengembangan BUMDes. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang memahami secara mendalam tentang objek yang diteliti. Penelitian ini menemukan bahwa modal sosial memiliki peran penting dalam pengembangan BUMDes Panggung Lestari. Kepercayaan  dan norma dalam modal sosial memiliki peran paling penting dalam pengembangan BUMDes. Sedangkan modal sosial jaringan tidak terlalu berperan penting dalam pengembangan BUMDes. Akan tetapi, modal sosial jaringan tetap memiliki kontribusi dalam pengembangan BUMDes.

Keywords

Modal sosial Stakeholder BUMDes

Article Details

References

  1. Fukuyama Francis, 2007, Trust: Kebijakan Sosial dan Penciptaan Kemakmuran, Qalam: Yogyakarta.
  2. Hasbullah J. 2006. Social Capital : Menuju Keunggulan Budaya Manusia Indonesia. MR-United Press Jakarta. Jakarta.
  3. Laporan Tahunan BUMDes Panggung Lestari Tahun 2016 dan 2017
  4. Mayu Weli Indra, 2016, Faktor-Faktor yang Menghambat Tumbuh dan Berkembangnya Badan Usaha Milik Desa di Desa Pematang Tebih Kecamatan Ujung Batu Kabupaten Rokan Hulu, Vol. 3. No 2.
  5. Moleong J. Lexy, 2004, Metode Penelitian Kualitatif, PT Remaja Rosdakarya: Bandung.
  6. Nawawi Hadari, 2003, Metode Penelitian Bidang Sosial, Gadjah Mada University Press: Yogyakarta.
  7. Putnam, R. D., Leonardi, R., and Raffaella Y. N, 1993, Making Democracy Work: Civic traditions in Modern Italy, Princeton University Press: New Jersey.
  8. Syahra Rusydi, 2003, Modal Sosial: Konsep dan Aplikasi, Jurnal Masyarakat dan Budaya, Volume 5, No 1
  9. Strauss Anselm & Corbin Juliet, 2009, Dasar-Dasar Penelitian Kualitatif, Pustaka Pelajar: Yogyakarta.
  10. Sumadiyono, Harianjogja.com, 2016, Dana Desa Sleman Bisa Digunakan Untuk Bumdes, diakses pada 22 Mei 2017, pukul 9:00
  11. W. ABD. Kadir, dkk, 2013, Stakeholder Analysis of Bantimurung Bulusaraung National Park Management, South Sulawesi Province, Vol. 20. No. 1.
  12. Undang- Undang
  13. UU No. 6 Tahun 2014 Tentang Desa
  14. Permendesa No. 4 Tahun 2015 Tentang Pendirian, Pengurusan dan Pengelolaan, dan Pembubaran Badan Usaha Milik Desa