Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat sejauh mana pengaruh kebijakan sekolah gratis terhadap peran serta orang tua dan peningkatan prestasi sekolah. Serta sejauh mana peran Komite Sekolah dalam menjalankan peran sertanya dalam manajemen penyelenggaraan sekolah di tingkat pendidikan dasar dalam rangka merealisasikan kebijakan sekolah gratis. Dengan pendekatan kuantitatif melalui metode survey ternyata didapatkan hasil bahwa Penggunaan dana BOS di Kabupaten Pemalang sudah mengacu pada ketentuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dana BOS tidak bisa membiayai penyelenggaraan pendidikan secara keseluruhan, selain itu peran serta Orang Tua sudah terlihat tentang pengetahuan perihal adanya dana BOS. Maka dari itu penelitian ini merekomendasikan agar sekolah selalu mengumumkan daftar komponen yg boleh dan yg tidak boleh dibiayai oleh dana bos serta penggunaan dana bos di sekolah menurut komponen dan besar dananya di papan pengumuman sekolah/ madrasah.

Keywords

Kebijakan Publik Peran Orang Tua Prestasi.

Article Details

References

  1. Gronlund, N.E. & Linn, R.L. 1990. Measurement and evaluation in teaching. (6thed.). New York: Macmillan.
  2. Effendi, S. (1982). Unsur-unsur penelitian ilmiah. Dalam Masri Singarimbun (Ed.). Metode penelitian survei. Jakarta: LP3ES.
  3. Clark, T., Woodley, R., De Halas, D., 1962. Gas-Graphite Systems, in “Nuclear Graphite” R. Nightingale, Editor. Academic Press, New York, p. 387.
  4. Deal, B., Grove, A., 1965. General Relationship for the Thermal Oxidation of Silicon, Journal of Applied Physics 36, p. 3770.
  5. Deep-Burn Project: Annual Report for 2009, Idaho National Laboratory, Sept. 2009.
  6. Fachinger, J., den Exter, M., Grambow, B., Holgerson, S., Landesmann, C., Titov, M., Podruhzina, T., 2004.“Behavior of spent HTR fuel elements in aquatic phases of repository host rock formations,” 2nd International Topical Meeting on High Temperature Reactor Technology. Beijing, China, paper #B08.
  7. Fachinger, J., 2006. Behavior of HTR Fuel Elements in Aquatic Phases of Repository Host Rock Formations. Nuclear Engineering & Design 236, p. 54.
  8. Arifin,Zainal., 1991. Evaluasi Instruksional: Prinsip, Teknik, Prosedur, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
  9. Arikunto,Suharsimi., 2000. ManajemenPenelitian., Jakarta: RinekaCipta.
  10. Bentri,Alwen,dkk. “EfektivitasPelaksanaanWajibBelajar 9 Tahun di SumatraBarat” dalam puslitjaknov.org, diakses30 Oktober 2015.
  11. Dagun,Save M., 2006 Kamus Besar Ilmu Pengetahuan, Jakarta: Lembaga Pengkajian Kebudayaan Nusantara.
  12. Departemen Pendidikan Nasional., 2006. Kamus Umum Bahasa Indonesia, cet. 3, Jakarta: Balai Pustaka.
  13. Hadeli., 2001. MetodePenelitianKependidikan, Padang: BaitulHikmah.
  14. Hajar,Ibnu., 1996. Dasar-dasarMetodologiPenelitianKualitatifdalamPendidikan, Jakarta: Rajawali Press.
  15. Irawan,Prasetya., 1999. LogikadanProsedurPenelitian¸ Jakarta: STIA-LAN Press.
  16. Mulyasa,E., 2008. MenjadiKepalaSekolahProfesionalDalamKonteksMenyukseskan MBS dan KBK, Jakarta: Rineka Cipta.
  17. NasutionS., MetodePenelitianNaturalistik-kualitatif, Bandung: Tarsito, 1988.
  18. Paslah,Asrono, “Pencapaian Program WajbBelajar 9 Tahun”, dalam yusufsupendi.multiply.com,diakses30 Oktober 2015.
  19. Pidarta,Made., 1997. LandasanKependidikan, , Cet. I,Jakarta: RinekaCipta.
  20. Prayitno dan Erman Amti., 2000. Dasar-dasar Bimbingan Konseling, Jakarta: Rineka Cipta.
  21. Sastropoetro,R.A. Santoso., 1988. Partisipasi, Komunikasi, PersuasidanDisiplindalam Pembangunan Nasional, Bandung: Alumni.
  22. Singarimbun,Masri., 1989. MetodePenelitian Survey, Jakarta: LP3ES.
  23. Sugiyono, 2006. Metode Penelitian Administrasi dengan Metode R&D, Bandung: CV Alfabeta.
  24. Supriadi,Dedi., 2004. Membangunbangsamelaluipendidikan, editor:RohmatMulyana, Bandung: RemajaRosdakarya.
  25. Suyanto., 2003. Optimalisasi Peran Komite Sekolah dan Dewan Pendidikan, Semarang: Lembaga Kajian dan Pengembangan Pendidikan.
  26. Syarif,Hidayat., 1994. “Wajib Belajar dan Pendidikan Dasar Sembilan Tahun dan Pemerataan Pendidikan dalam Upaya Memajukan Desa Tertinggal”, Makalah Presentasi, Bandung: IKIP Bandung.
  27. Tilaar, H.A.R. dan Riant Nugroho., 2008. Kebijakan pendidikan: pengantar untuk memahami kebijakan pendidikan dan kebijakan pendidikan sebagai kebijakan publik, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  28. Yusuf,Muri., 1997. Dasar-dasar MetodePenelitian, Padang: FakultasIlmuPendidikan.