Main Article Content

Abstract

Penelitian ini membahas tantangan yang sedang dihadapi pemerintah Kecamatan Dayeuhluhur dalam memberikan pelayanan publik khususnya dalam perekaman KTP elektronik di tengah Wabah Covid 19. Penelitian ini juga bertujuan untuk memberikan solusi terkait dengan bagaimana pemerintah memberikan pelayanan terbaik dalam pembuatan perekaman KTP elektronik agar tetap berjalan namun juga tetap bisa melindungi masyarakat agar tidak tertular virus Covid 19. Metode yang digunakan di dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dan untuk teknik pengumpulan data primer, peneliti melakukan  observasi dan wawancara melalui telfon dengan aparatur pelaksana perekaman KTP Elektronik di Kecamatan Dayeuhluhur selain itu juga dalam pengumpulan data sekunder, peneliti memperoleh data melalui dokumen dokumen resmi dari instansi terkait dan juga menggunakan penelusuran studi pustaka  (Library Research) baik dari berita online maupun  dari situs resmi kecamatan Dayeuhluhur. Data-data yang di peroleh, kemudian di analisis secara deskriptif. Hasil dalam penelitian ini menunjukan bahwa Pemerintah Kecamatan Dayeuhluhur mempunyai solusi dalam memberikan pelayanan publik khususnya dalam perekaman KTP Elektronik ditengah wabah Covid 19  dan juga memberikan pelayanan rasa aman terhadap  Masyarakat dan aparatur yang bertugas di masa pandemik virus Covid 19.

Keywords

Pelayanan Publik KTP Elektronik Covid 19

Article Details

References

  1. disdukcapil.cilacapkab.go.id (10 September 2020). Pelayanan KTP el. Diakses pada tanggal 09 April 2021 pukul 21.30WIB, dari https://disdukcapil. Cilacapkab.go.id/pelayanan/ktp-el/jdih.cilacapkab.go.id (15 April 2019). Diakses pada tanggal 10 April 2021 pukul 22.15 WIB. Dari http://jdih.cilacapkab.go.id/download/prokum/LD_Perda_Clp_2015_01.pd f
  2. Furkon, A. A. (2018). Kualitas Pelayanan Pegawai Dalam Pembuatan E-KTP di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Merangin. Jambi: Fakultas Syariah UIN Sulthan Thata Saifuddin Jambi.
  3. Haqie, Z. A., Nadiah, R. E., & Ariyani, O. P. (2020). Inovasi Pelayanan Publik Suroboyo Bis di Kota Surabaya. ournal of Public Sector Innovations, Vol. 5, No. 1 , 1.
  4. nasional.kompas.com (18 Mei 2020). Diakses Pada tanggal 13 April 2021 pukul 22.45 WIB. Dari https:// nasional.kompas.com/read/2020/04/08/20492411/layanan- administrasi-kependudukan-dilakukan-online-sampai-pandemi-covid-19?page=all
  5. Nugroho D, Riant. 2003. Kebijakan Publik : Formulasi, Implementasi dan Evaluasi. Jakarta : Elex Media Komputindo
  6. ombudsman. (2020). diakses Juni 25, 2021, from Dampak Pandemi Covid-19 Bagi Penyelenggaraan Pelayanan Publik: https://ombudsman.go.id/artikel/r/artikel--dampak-pandemi-covid-19-bagi-penyelenggaraan-pelayanan-publik.
  7. ombudsman.go.id (24 Juni 2020). Diakses pada 14 April 2021 pukul 23.45 WIB. Dari https://ombudsman.go.id/artikel/r/arti kel--tantangan-pelayanan-publik-dalam-masa-adaptasi-kebiasaan-baru-
  8. policy.paramadina.ac.id. Diakses Pada 14 April 2021 pukul 23.15 WIB.Dari https://policy.paramadina.ac.id/tantangan dalam-pelayanan-publik-kita- kini
  9. Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta
  10. Surat yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil (Ditjen Dukcapil) Kemendagri nomor 443.1/2978/Dukcapil per 16 Maret 2020 lalu yang berisi Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri)
  11. Suyanto, Bagong. 2005. Metode Penelitian Sosial : Berbagai Alternatif Pendekatan. Jakarta: Prenada Media.
  12. Syafrida. (2020). Bersama Melawan Virus Covid 19 di Indonesia. Salam Jurnal Sosial Budaya Syari, 498-499.
  13. Uchana, Onong. 1989. Kamus Komunikasi. Bandung : CV. Mandar Maju
  14. Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik
  15. Utami, T. S. (2021). Optimalisasi Pelayanan Publik Selama Masa Pandemik Covid 19 dalam mewujudkan clean and good governance di kota Semarang. Jurnal juristic, 2.
  16. Widibudiarti, L. S., & Hartono, S. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan E-KTP Terhadap Kepuasan Masyarakat. Fakultas Ilmu Administrasi, U niversitas 17 Agustus