Pengaruh Sumber Daya Teknologi Informasi dan Kenyamanan di Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Indonesia Berdasarkan Survey PISA Tahun 2015

Lidya Citra Divantari, Purwo Susongko, Rizqi Amaliyakh Solikhah

Abstract


Penelitian ini bertujuan : (1) Mendeskripsikan pengaruh sumber daya teknologi  informasi di rumah terhadap prestasi belajar matematika pada siswa Indonesia survey PISA tahun 2015. (2) Mendeskripsikan pengaruh kenyamanan di sekolah terhadap prestasi belajar matematika pada siswa Indonesia survey PISA tahun 2015. (3) Mendeskripsikan pengaruh sumber daya teknologi  informasi dan kenyamanan di sekolah terhadap prestasi belajar matematika pada siswa Indonesia survey PISA tahun 2015. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Indonesia yang mengikuti survey PISA tahun 2015. Sampel dalam penelitian ini menggunakan sampel jenuh yaitu semua populasi dijadikan sampel atau penelitian populasi. Pada survey PISA tahun 2015 Indonesia melibatkan 6315 data siswa dari 519.334 respon siswa. Data Siswa diperoleh dari survey PISA tahun 2015 yang dipublikasikan situs resmi yang bersumber dari laman OECD (Organisation for Economic Co-operation and Development). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi. Analisis data menggunakan uji regresi sederhana X1, uji regresi sederhana X2 dan uji regresi ganda X1 X2 .Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1)  Terdapat pengaruh yang signifikan antara sumber daya teknologi informasi terhadap prestasi belajar matematika. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara kenyamanan di sekolah terhadap prestasi belajar matematika (3) Tidak dapat medeskripsikan pengaruh yang signifikan antara sumber daya teknologi informasi dan kenyamanan di sekolah secara bersama-sama terhadap prestasi belajar matematika karena keterbatasan penelitian yang menunjukkan ketidakmemenuhinya asumsi klasik pada analisis regresi linear berganda.


Full Text:

PDF

References


Ayunthara, Arvia.2005.Pengaruh penggunaan teknologi informasi, lingkungan sekolah dan manajemen waktu terhadap prestasi belajar ekolomi.Skripsi.Yogyakarta:FE UNY.

Chandradinangga, G. (2015). Pengaruh Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dengan Model Pembelajaran ARCS untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika di SMA Muhammadiyah Plus Salatiga(Doctoral dissertation, Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi FTI-UKSW).

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS IBM versi 23, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Haryanti,Mila.(2015).Analisis Kebiasaaan Belajar Dan Fasilitas Belajar Di Rumah Terhadap Hasil Belajar Siswa.Skripsi.Surabaya.Progam studi Pendidikan Ekonomi.FE Universitas Negeri Surabaya.

Karas, M., Achmadi, A., & Warneri, W.(2015).Pengaruh Kemandirian Belajar Dan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 7(6).

Kartika, D. T. (2013). Pengaruh Kebiasaan Belajar dan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X Di SMA Negeri 1 Jombang. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 1(3).

OECD (2016),PISA 2015 Results (Volume I): Excellence and Equity in Education, OECD Publishing, Paris, http://dx.doi.org/10.1787/9789264266490-en

Oemar Hamalik.2012.Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Susongko, P., & Fatkhurrahman, M. A. (2017a). Determinants factors analysis of indonesian students’physics achievement in timss 2011. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia.Online.Vol.13 (1),Hal 49-58.http://journal.unnes.ac.id /nju/index.php/JPFI/article/viewFile/8641/6373.(6 Januari 2018)

Sholikhakh, R. A., & Utami, W. B. (2017). Development Learning Instrument of Algebraic Structure based on Resitation Task to Improve Activities and Learning Procces. Unnes Journal of Mathematics Education, 6(3).

Susongko,P.,(2017b) faktor faktor yang mempengaruhi capaian literasi sains siswa indonesia berdasar survai pisa 2015.Seminar Nasional Pendidikan IPA.Universitas Pancasakti Tegal.

Susongko,P.,(2016).Pengantar Metodologi Penelitian Pendidikan. Badan Penerbit Universitas Pancasakti Tegal.

Syam, A. (2016). Pengaruh Persepsi Tentang Kualitas Pelayanan Sekolah, Partisipasi Dalam Pembelajaran Dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Daya Matematis:Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 3(3), 290-298.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JPMP

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JPMP index: