Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Penentuan Luas Permukaan dan Volume Kubus dan Balok melalui Model Cooperative Learning Tipe Student Team Achievement Division (STAD)

Eni Rusmiyati

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mengetahui apakah model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar matematika. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Untuk hasil observasi pada siklus I pengamatan aktivitas peneliti 79,28 %, aktivitas siswa 77,5 %,  masuk dalam kategori baik, pada siklus II pengamatan aktivitas peneliti 90 %, aktivitas siswa 88% masuk dalam kategori sangat baik. Begitu juga dengan rata-rata hasil belajar evaluasi untuk siklus I  yaitu 73.83 untuk siklus II yaitu 85. Berdasarkan hal ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan pembelajaran model Coopetive Learning tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar Siswa Kelas VIIIG SMP Negeri 1 PangkahTahun Pelajaran 2015/2016 pada materi luas permukaan dan volume kubus dan balok.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JPMP

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JPMP index: