Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas VII SMP Negeri 1 Pangkah Kabupaten Tegal pada Pokok Bahasan Luas Daerah Segiempat melalui Pendekatan Open-Ended

Hartini Rochyati

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui mengetahui peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP N 1 Pangkah tahun pelajaran 2015/2016 pada pokok bahasan luas daerah segiempat melalui pembelajaran pendekatan open-ended. Penelitian ini merupakan penelitian PTK dnegan subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII G SMP N 1 Pangkah tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 33 orang siswa.Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 (empat) tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Data yang diambil berupa data hasil belajar, hasil observasi terhadap guru, dan hasil observasi terhadap siswa. Kesimpulan yang didapat yakni pembelajaran pendekatan open-ended dapat meningkatkan hasil belajar matematika pokok bahasan luas daerah segiempat siswa kelas VII SMP N 1 Pangkah tahun pelajaran 2015/2016 dengan rincian siklus I nilai rata-rata kelas adalah 75 dengan presentase jumlah siswa yang mencapai ketuntasan individual 70%. Pada siklus II nilai rata-rata kelas adalah 84 dengan presentase jumlah siswa yang mencapai ketuntasan individual 88%.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JPMP

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JPMP index: