Penerapan Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktifitas Siswa pada Pokok Bahasan Klasifikasi Makhluk Hidup pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Pangkah Kabupaten Tegal

Natiqoh Nurkhasanah

Abstract


Berdasarkan observasi diketahui bahwa faktor penyebab kurangnya kompetensi siswa dalam pembelajaran IPA adalah metode pembelajaran yang dilaksanakan masih berpusat pada guru, siswa tidak diarahkan untuk berfikir kreatif dan menguasai konsep berdasarkan penemuan-penemuan di lapangan. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup  Dengan Menerapkan Model Problem Based Learning Bagi Siswa Kelas VII-I SMP Negeri 1 Pangkah Kabupaten Tegal Semester Gasal Tahun Pelajaran 2017/2018 Pangkah. Penelitian   ini   didesain   dalam   dua   siklus.   Prosedur   dalam   setiap   siklus mencakup  tahap-tahap:  perencanaan  tindakan,  pelaksanaan  tindakan,  observasi  dan  refleksi. Didapat kesimpulan bahwa  penelitian   pembelajaran   IPA  Materi Klasifikasi Makhluk Hidup  dapat meningkatkan  hasil  belajar  dan aktivitas siswa  kelas  VII- I SMP Negeri 1 Pangkah semester I tahun pelajaran 2017/2018, adanya  peningkatan nilai rata-rata kelas pada siklus I rata-rata kelas memperoleh 75,3 kategori baik, tetapi baru 71,87 % siswa mendapatkan nilai 71. Hasil ini masih belum memenuhi indikator keberhasilan  dimana  85%  siswa  kelas  VII-I SMP N 1 Pangkah  mendapatkan nilai  71.  Namun  pada  siklus  II  nilai  rata-rata  kelas  mencapai  80,5  kategori  baik , dengan  90,62 %  siswa  mendapatkan  nilai 71  sehingga  hasil  pada  siklus  II  telah mencapai  indikator  keberhasilan  penelitian.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JPMP

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JPMP index: