Pengaruh Indeks Sosial Ekonomi Budaya (ESCS) dan Dukungan Guru terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Indonesia Berdasarkan Survey PISA Tahun 2015

Maulina Rakhmawati, Purwo Susongko, M Shaefur Rohman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) pengaruh atau tidaknya indeks sosial ekonomi budaya terhadap prestasi belajar matematika pada siswa Indonesia survey PISA tahun 2015, (2) pengaruh atau tidaknya dukungan guru terhadap prestasi belajar matematika pada siswa Indonesia survey PISA tahun 2015, (3) pengaruh atau tidaknya indeks sosial ekonomi budaya dan dukungan guru terhadap prestasi belajar matematika pada siswa Indonesia survey PISA tahun 2015.Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa Indonesia yang mengikuti survey PISA tahun 2015 sebanyak 6513 data siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji regresi sederhana, uji regresi berganda dan uji asumsi klasik.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh indeks sosial ekonomi budaya terhadap prestasi belajar matematika siswa indonesia berdasarkan survey PISA tahun 2015. (2) ada pengaruh dukungan guru terhadap prestasi belajar matematika siswa indonesia berdasarkan survey PISA tahun 2015. (3) ada pengaruh indeks sosial ekonomi budaya dan dukungan guru terhadap prestasi belajar matematika siswa indonesia berdasarkan survey PISA tahun 2015.

Full Text:

PDF

References


Ermawati, Elly. (2013). Pengaruh Status Ekonomi Budaya Terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS di SMP Negri Se Kecamatan Batu Ampar Kabupaten Tanah Laut. (1) Ghozali, Imam. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS IBM versi 23, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro Halim,Abdul Fathani. (2016). Pengembangan Literasi Matematika Sekolah Dalam Perspektif Multiple Intelligences. Online. Vol.4, No. 2. Program studi pendidikan matematika, FKIP Universitas Islam Malang. Jurnal edudsains Holilurrahman, Moh. (2016). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Dan Budaya Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Matematika pada siswa kelas VII SMP AL-kamal Blitar 2016. Ismayanti, Maya. (2015). Pengaruh Dukungan Guru Dan Kinerja Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa di MTS SEKABUPATEN BLITAR. Istiqomah. (2016). Pengaruh Motivasi atau Dukungan Guru dan minat belajar terhadap prestasi belajar fisika. Jurnal formatif.5(1),12-45 Nisa, K., Susongko, P., & Utami, W. B. (2017). Penyusunan skala minat belajar matematika dengan penerapan model rasch (Studi Pengembangan Pada Pembelajaran Matematika Kelas VII di SMP Negeri 1 Tarub Tahun Ajaran 2016/2017). JPMP, 1(1). Nurlaelatul. (2013). Pengaruh Indeks Sosial Ekonomi Budaya Dan Status Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Matematika Kelas 2 SMA.Jurnal Pendidikan Matematika,1(1),34-45 Mawaddah, Nur. (2017). Pengaruh Dukungan Guru Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS kelas VII SMP Negri24 Purworejo.1(1),3-465 OECD (2016-2017), PISA 2015 Results (Volume I-Volume III): Excellence and Equity in Education, OECD Publishing, Paris. http://dx.doi.org/10.1787/97892642664 90-en Ramadhan. (2015). Pengaruh Kemandirian Belajar Dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Kelas X Di SMA Negri 1 Jombang.Jurnal Pendidikan Matematika.1(3)

Rizkiana, Atya. (2014). Pengaruh Indeks Sosial Ekonomi Budaya dan Lingkungan Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Di SMA Muhammadiyah Plus Salatiga(Doctoral Dissertation,Program Studi Pendidikan).Vol.2.No.2 Subagyo, Pangestu dan Djarwanto, P.S. (2011). Statistik Induktif, edisi 5. Yogyakarta:BPFE-UGM Sujarweni, V. Wiratna. (2015). Metodologi Penelitian Bisn Dan Ekonomi, Yogyakarta : Pustaka Baru Press. Susongko,P.. (2017b). Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Capaian Literasi Sains Siswa Indonesia Berdasar Survai Pisa 2015.Seminar Nasional Pendidikan IPA. Universitas Panca Sakti Tegal. Susongko, P., & Fatkhurrahman, M. A. (2017a). Determinants Factors Analysis Of Indonesian Students’physics Achievement In Timss 2011. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. Online.Vol.13(1), Hal49-58. http://journal.unnes.ac.id/nju/index.ph p/JPFI/article/viewFile/8641/6373.(6 Januari 2018) Susongko,P.. (2016). Pengantar Metodologi Penelitian Pendidikan. Badan Penerbitan Universitas Pancasakti Tegal:Tegal. Susongko.Purwo. (2012). Penilaian Hasil Belajar. Tegal : Universitas Pancasakti. Topçu, M. S , Erbilgin, E & Arikan, S. (2016). Factors predicting Turkish and Korean students’ science and mathematics achievementin TIMSS 2011. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, 2016, 12(7), 17111737 doi: 10.12973/eurasia.2016.1530a Uno, Hamzah B. (2016). “Teori Motivasi dan Pengukurannya ‘. Jakarta: Bumi Aksara. Trianto. (2009). ”Sosial Budaya.Jakarta: Kencana Widar Hapsari, Diasty. (2017). Pengaruh Dukungan Guru Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP.Jurnal Pendidikan Matematika.1(1), 45-60.




DOI: http://dx.doi.org/10.24905/jpmp.v3i1.1298

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JPMP

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JPMP index: