Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Bangun Ruang Sisi Datar dengan Metode Berjamu

Suharto Suharto

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar matematika materi pokok Bangun Ruang Sisi Datar siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Talang semester genap Tahun Pelajaran 2017/2018 melalui penggunaan metode Berjamu. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Talang pada semester genap tahun pelajaran 2017/2018 dengan subyek penelitian adalah siswa kelas VIII B yang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Pada siklus I  dan  siklus  II  pembelajaran dilakukan dengan penggunaan metode Berjamu tiap kelompok terdiri 4 siswa. Pada masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan deskriptif   komparatif   yang   dilanjutkan   refleksi.   Deskriptif   komparatif dilakukan dengan membandingkan data kondisi awal, siklus I dan siklus II, baik untuk aktivitas belajar dan hasil belajar. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: Pertama, penggunaan metode Berjamu dapat meningkatkan aktivitas belajar matematika materi pokok bangun ruang sisi datar bagi siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Talang pada semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Terbukti persentase jumlah siswa dalam kategori aktivitas belajar baik meningkat dari kondisi awal 3% menjadi 18,75% pada siklus I dan menjadi 87,5% pada siklus II atau pada kondisi akhir mengalami peningkatan sebesar 84,5% dari kondisi awal. Kedua, penggunaan penggunaan metode Berjamu dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi pokok bangun ruang sisi datar bagi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Talang pada semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Terbukti persentase ketuntasan belajar siswa meningkat dari kondisi awal 21,88% menjadi 31,3% pada siklus I dan menjadi 87,5% pada siklus II atau pada kondisi akhir mengalami peningkatan sebesar 65,62% dari kondisi awal.

Keywords


Berjamu; aktivitas belajar; hasil belajar; Bangun Ruang Sisi Datar

Full Text:

PDF

References


Dharma, Surya. (2009). Manajemen Kinerja Falsafah Teori dan Penerapannya. Yogyakarta : Pustaka Pelajar. Dimyati. (1999). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta Fullu Azka. (2004). Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dan Jigsaw II Terhadap Hasil Belajar Matematika Pokok Bahasan Teorema Pythagoras Pada Siswa Kelas II Semester 1 SMP N 10 Semarang Tahun Pelajaran 2004/2005. Skripsi. Semarang. Hamalik,Oemar. (2007). Proses Belajar Mengajar. Jakarta : PT Bumi Aksara. Herman Hudoyo. (1990). Mengajar Belajar Matematika. Malang : IKIP Indrasari Reini

Heward. (1996). Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan RI. (2013). Konsep Pendekatan Scientific. Jakarta : Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. Nana Sujana. (1989). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru. Nasution. (1995). Didaktik Azas-azas Mengajar. Jakarta : Bina Aksara Peraturan Pemerintah. (2005). Standar Nasional Pendidikan. Jakarta : Kemdikbud Rusman. (2008). Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Sardiman. (2001). Interaksi dan motivasi belajar. Jakarta: Grafindo Persada. Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta. Slavin. (2008). Cooperative Learning Teori Riset dan praktik. Terjemahan Lita. Bandung : Nusa Media Sugeng Haryadi. (1993). Perkembangan Peserta Didik. Semarang : IKIP Semarang




DOI: http://dx.doi.org/10.24905/jpmp.v3i1.1301

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JPMP

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JPMP index: