Penggunaan Metode Tutor Sebaya untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Materi Pokok Himpunan

M Bahrun

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran matematika pada peserta didik kelas VII H SMP Negeri 2 Tarub tahun pelajaran 2017/2018 melalui penggunaan metode tutor sebaya. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, obeservasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VII H SMP Negeri 2 Tarub Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 31 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase aktivitas belajar peserta didik yang termasuk kategori aktif dan sangat aktif mengalami peningkatan yaitu pada siklus I sebesar 71,0%, setelah dilakukan tindakan pada siklus II meningkat menjadi 83,9%. Hasil belajar peserta didik juga mengalami peningkatan, pada siklus I sebesar 64,5%, setelah dilakukan tindakan menjadi 77,4% pada siklus II. Berdasarkan hasil yang diperoleh, dapat diambil simpulan bahwa metode tutor sebaya terbukti dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik.

Keywords


Aktivitas belajar; Hasil Belajar; Metode Tutor Sebaya

Full Text:

PDF

References


Amin Suyitno. (2004). Dasar-Dasar Proses Pembelajaran Matematika 1. Semarang: Jurusan Matematika FMIPA UNNES Andi Hakim Nasution. (1981). Beberapa Tujuan Mempelajari Matematika. Jakarta: Dirjen Pendidikan Tinggi B. Simanjuntak dan Pasaribu. (1983). Proses Belajar Mengajar. Bandung: Tarsito. Departeman Pendidikan dan Kebudayaan. (2004). Kurikulum Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Depdikbud Dimyati dan Mudjiono. (1999). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. Harahap, Irpan. (2011). Keaktifan Belajar. (http//irpan1990.wordpress.com/ 2011/08/11/keaktifan-belajar) diunduh 5 September 2017 Martinis Yamin. 2007. Profesionalisasi Guru dan Implementasi KTSP. Jakarta: Gaung Persada Press. Oemar Hamalik. 2001. Proses Belajar. Jakarta : Bumi Aksara Sardiman, A.M. 2006. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Slameto. 1987. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta. Soedjadi. 2007. Masalah Kontekstual sebagai Batu Sendi Matematika Sekolah. Surabaya: Pusat Sains dan Matematika Sekolah Unesa. Sudjana, N. 2004. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Suherman, dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: UPI




DOI: http://dx.doi.org/10.24905/jpmp.v3i1.1302

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JPMP

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JPMP index: