Penerapan Model Cooperative Learning Type Think Pair Square untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Konsep Gelombang Bunyi pada Peserta Didik

Sukoco Sukoco

Abstract


Penelitian bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi  belajar peserta didik kelas XI MIPA 1 SMAN 5 Tegal melalui Think Pair Square. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas dengan 2 siklus. Hasil analisis ketuntasan belajar semula 75,0 % menjadi 85,7 %. Aktivitas belajar semula  kategori baik sekali 21,4 %, baik 28,6 %, cukup 28,6%, kurang 17,8 % dan kurang sekali 3,6 %, menjadi kategori baik sekali 28,6 %, baik 32,1 %, cukup25,0 %, kurang 14,3 % dan kurang sekali 0 %. Peneliti menyarankan model ini dapat diterapkan dalam pembelajaran.

Keywords


Think Pair Square; Aktivitas; Prestasi Belajar

Full Text:

PDF

References


Aunurrohman. (2009). Belajar dan Pembelajaran, Bandung: Alfabeta Carry and Dick. (2008). Strtegi pembelajaran. Jakarta: Penerbit Kencana Hamalik, Oemar. (2001). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hudojo, H. (1988). Proses belajar matematika, Jakarta: Dirjen Dikti, PPL, PTK. Ibrahim, M. (2000). Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: UNESA University Press. Nasution, S. (2000). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara. Sardiman, A.M. (2000). Belajar, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta. Slavin, R.E. (1995). Cooperative learning theory and praktise. Masscussets: Allyn and Bacon Publishers. Slavin, R.E. (2005). Cooperative learning, teori dan praktek (Indonesian Version). Bandung: Nusa Media Sugiyono. (2009). Metode penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta. Sunaryo, (2003). Interaksi Pembelajaran dan Pengelolaan. Depdiknas: Jakarta. Winkel, W.S. (2009). Psikologi Pengajaran. Media Abadi: Yogyakarta. Zakaria and Zonattan. (2007). Promoting Coopertion Lerning and Science and Mathematic Education: Malaysian Perfective. Eurasian Journal of Mathematics, Science and Thecnology Education, 3, 35-39




DOI: http://dx.doi.org/10.24905/jpmp.v3i1.1303

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JPMP

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JPMP index: