Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh model PBL berbantuan video motion graphic untuk meningkatkan sikap peduli lingkungan peserta didik. Model pembelajaran berbantuan video motion graphic adalah bentuk strategi pembelajaran dengan merumuskan masalah dibantu dengan video motion graphic. Karena keterbatasan akan daya jelajah maka video pembelajaran menjadi solusi. Dalam penelitian ini dengan harapan dapat menjadi pengalaman dan daya ingat kuat oleh peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen kuasi dengan pendekatan kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah bentuk angka dari hasil jawaban tes dan angket. Wujud data tersebut dianalisis menggunakan uji paired sampel t test digunakan untuk mengetahui adanya pengaruh atau perbedaan yang signifikan sikap peduli lingkungan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada hasil uji t paired sampel t test menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan pada model PBL berbantuan video motion graphic untuk meningkatkan sikap peduli lingkungan peserta didik. Dengan hasil rata-rata nilai angket sebelum perlakuan 71,71. Sesudah perlakuan mengalami kenaikan menjadi 79,68. Disarankan untuk penelitian selanjutnya mengembangkan keefektifan video motion graphic dalam pembelajaran IPA. Model PBL dan video pembelajaran dapat diimplementasikan dalam meningkatkan sikap peduli lingkungan peserta didik.


 

Article Details