Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui efektivitas pembelajaran IPA dengan menerapkan model  Problem Based Learning berbantuan O2PingID untuk meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik  pada topik pencemaran, dan (2) mengetahui bagaimana pengaruh metode O2PingID dengan model Problem Based Learning pada topik pencemaran terhadap environmental sensitivity peserta didik


Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain pretest-postest control group. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VII di salah satu SMP Negeri di Kota Tegal tahun pelajaran 2019/2020. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random samping. Diperoleh kelas kontrol (VII B) dan eksperimen (VII D). Instrumen yang digunakan yaitu instrumen tes dan instrumen non


Hasil penelitian: (1) Penerapan model Problem Based Learning berbantuan O2PingID pada kelas eksperimen cukup efektif dalam meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik. Hal ini dapat dilihat dari nilai N-Gain persen pada kelas eksperimen sebesar 72,77% dan kelas kontrol sebesar 67,18%; (2) Terdapat pengaruh model Problem Based Learning berbantuan O2PingID terhadap environmental sensitivity peserta didik, dibuktikan pada hasil uji t dengan nilai sig (2-Tailed) sebesar 0,000

Article Details