Main Article Content

Abstract

Penelitian bertujuan untuk meningkatkan Perolehan  nilai Ujian Nasional Matematika siswa SMP Negeri 5 Pemalang. Penelitian ini menggunakan sumber data primer dan data sekunder. Sedangkan pengumpulan data menggunakan tes tertulis dan berupa observasi. Data dianalisis dengan deskripsi komparatif yang dimaksudkan untuk membandingkan antara nilai awal dan hasil yang dicapai dengan target. Model ?Resep Dokter? merupakan inovasi penulis yang diaplikasikan dalam mempersiapkan siswa untuk menghadapi ujian nasional pelajaran Matematika. Model ini merupakan penggabungan metode diskusi, metode tutor teman sebaya, cara berpikir konstruktivisme dan trial and error yang dikemas seperti hubungan dokter, apoteker dan pasien. Hasil analisis menunjukkan bahwa kemampuan siswa mengerjakan soal-soal ujian nasional matematika mendapat nilai sama atau lebih tinggi dari KKM 3,50 pada kondisi awal 53%, pelaksanaan tindakan siklus I menjadi 59%, dan siklus II menjadi 72% dari 32 siswa. Hasil tersebut menunjukkan bahwa model ?Resep Dokter? dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa dari batas ketuntasan 70%.

Article Details