PENYUSUNAN SKALA MINAT BELAJAR MATEMATIKA DENGAN PENERAPAN MODEL RASCH (Studi Pengembangan Pada Pembelajaran Matematika Kelas VII di SMP Negeri 1 Tarub Tahun Ajaran 2016/2017)

Khoerun Nisa, Purwo Susongko, Wikan Budi Utami

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah (1) menyusun instrumen minat belajar matematika peserta didik SMP yang standar. (2) membuktikan validitas tes minat belajar matematika menggunakan validitas model Messick yang meliputi aspek-aspek validitas : (a) isi (content), (b) Substantif, (c) Struktural, (d) Eksternal, (e) Konsekuensional. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan Plomp yang telah dimodivikasi menjadi 4 tahap yaitu (1) Fase Investigasi Awal (Preliminary Investigation), (2) Fase Desain (design), (3) Fase Realisasi / Konstruksi (Realization / Contruction),  (4) Fase Tes, dan Evaluasi (Test, and Evaluastion). Subjek penelitian ini adalah kelas VII A, VII B, VII C, VIID, VII E, dan VII I SMP Negeri 1 Tarub. Penelitian difokuskan pada konstruksi skala minat belajar matematika SMP. Data dianalisis dengan menggunakan validitas Messick. Validitas instrumen diperoleh melalui validitas expert judgement. Analisis item dengan Model Rasch dengan package eRm berbantuan software R i386. 3.3.2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skala minat belajar matematika yang digunakan terbukti valid dengan penerapan Model Rasch. Item – item skala minat belajar Matematika telah memenuhi validitas konstruk menurut Messick yang meliputi aspek – aspek : (1) isi (content), (2) substantif, (3) Struktural, (4) Eksternal, dan (5) Konsekuensional.

 

Kata Kunci: Validitas, Messick, Model Rasch, Skala Minat Belajar Matematika


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 JPMP



JPMP index: