KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK BERBANTU MEDIA MICROSOFT POWER POINT TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN NUMERIKMATERI POKOK STATISTIKA

Mariska Mustikasari, Isnani Isnani, Purwo Susongko

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) prestasi belajar peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran Talking Stick telah mencapai target, (2) adanya perbedaan prestasi belajar peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran Talking Stick berbantu media Microsoft Power Point, Talking Stick biasa serta model konvensional, (3) adanaya perbedaan prestasi belajara peserta didik yang diajar dengan model Talking Stick berbantu media Microsoft Power Point, Talking Stick biasa, serta model konvensional ditinjuau dari kemampuan numerik, (4) model pembelajaran yang paling efektif anatara model Talking Stick berbantu media Microsoft Power Point, Talking Stick biasa, serta model konvensional ditinjau dari kemampuan numerik.Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Ulujami Tahun Pelajaran 2016/2017.Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel yang diambil sebanyak 4 kelas yaitu satu kelas sebagai eksperimen 1,  satu kelas sebagai kelas eksperimen 2, satu kelas sebagai kelas kontrol, dan satu kelas sebagai kelas uji coba. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan tes. Instrumen penelitian berupa tes yang telah teruji validitas dan reliabilitas pada taraf signifikansi 5%. Analisis data menggunakan uji proporsi satu pihak kanan, anava dua arah, RAK, dan benferoni.Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) prestasi belajar peserta didik yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Talking Stick telah mencapai target, (2) ada perbedaan prestasi belajar peserta didik yang diajar dengan model Talking Stick berbantu media Microsoft Power Point, Talking Stick biasa, serta model konvensional, (3) ada perbedaan prestasi belajar peserta didik yang diajar dengan model Talking Stick berbantu media Microsoft Power Point, Talking Stick biasa, serta model konvensional ditinjau dari kemampuan numerik, (4) model pembelajaran Talking Stick berbantu media Microsoft Power Point lebih baik dari model Talking Stick biasa serta model  konvensional ditinjau dari kemampuan numerik.

 

Kata Kunci: Model Pembelajaran Talking Stick, Media Microsoft Power Point, Prestasi Belajar Matematika, Kemampuan Numerik


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 JPMP



JPMP index: