Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Pokok Bahasan Klasifikasi Makhluk Hidup melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Warureja

Sujarwo Sujarwo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar, aktivitas dan besarnya peningkatan aktivitas dan belajar IPA pokok bahasan klasifikasi makhluk hidup pada peserta didik kelas VII-C SMP Negeri 2 warureja dengan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation(GI). Metode penelitian adalah penelitian bersiklus dengan subjek penelitian adalah kelas VII-C SMP Negeri 2 Warureja, Kabupaten Tegal semester II tahun ajaran 2016/2017. Teknik pengumpulan data adalah dengan teknik tes dan non-tes. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada peserta didik kelas VII-Csemester II SMP Negeri 2 Warureja tahun ajaran 2016/2017. Adapun peningkatan aktivitas belajar peserta didik sebesar 53% yaitu dari siklus I sebesar 36% dengan kriteria aktif dan sangat aktif menjadi 89% pada siklus II dengan kriteria aktif dan sangat aktif. Adapun besarnya peningkatan hasil belajar peserta didik adalah 16% yaitu pada siklus I sebesar 78% meningkat menjadi 94% pada siklus II.

 

Kata Kunci: Aktivitas, hasil belajar, pembelajaran kooperatif, model group investigation


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JPMP

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JPMP index: