Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Materi Bioteknologi pada Siswa SMP Negeri 2 Tarub

Mohamad Faozi

Abstract


Tujuan Penelitian ini yaitu: (1) meningkatkan aktivitas belajar siswa, (2) meningkatkan hasil belajar siswa khususnya materi pokok bahasan bioteknologi menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada siswa kelas IXA SMP Negeri 2 Tarub tahun pelajaran 2017/2018. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah PTK yang dilaksanakan 2 siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas IXA SMP Negeri 2 Tarub Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 36 siswa, yaitu: 20 siswa putra dan 16 siswa putri. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada aktivitas belajar siswa, pada siklus I jumlah siswa: sangat aktif 6 siswa (16,67%), cukup aktif 13 siswa (36,11%), tidak aktif 17 siswa (47,22%). Pada siklus II meningkat menjadi siswa kriteria: sangat aktif 26 siswa (72,22%), cukup aktif 7 siswa (19,45%), tidak aktif 3 siswa (8,33 %). Hasil belajar siswa siklus I tuntas 23 siswa (63,89%) dan belum tuntas 13 siswa (36,11%). Pada siklus II mengalami peningkatan yaitu tuntas 31 siswa (86,11%) dan belum tuntas 5 siswa atau (13,89%). Hasil belajar dan aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan cukup signifikan setelah mengalami perlakuan model pembelajaran kooperatif menggunakan jigsaw pada materi bioteknologi, sehingga bisa digunakan sebagai alternatif model pembelajaran.

 

Kata Kunci: Model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw,  Aktivitas Belajar, Hasil Belajar


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JPMP

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JPMP index: