Keefektifan Penggunaan Alat Peraga Sistem Peredaran Darah dalam Pembelajaran IPA Kelas VIII MTs Negeri Pemalang

Novita Haryanti, Muriani Nur Hayati, Mukhammad Aji Fatkhurrohman

Abstract


Sistem peredaran darah adalah materi dalam mata pelajaran IPA terpadu yang memuat banyak materi hapalan. Penggunaan alat peraga yang menggambarkan mekanisme kerja diperlukan untuk memudahkan siswa dalam memvisualisasikan ingatannya. Tujuan dari penelitian ini untuk menguji keefektifan media alat peraga sistem peredaran darah dalam pembelajaran. Jenis penelitian ini yaitu penelitian eksperimen. Sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak 15 siswa pada kelompok eksperimen, dan 15 siswa pada kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest). Hasil penelitian menunjukkan bahwa media alat peraga ini cukup efektif dalam suatu pembelajaran yang ditunjukkan dengan peningkatan rata-rata nilai kontrol dan eksperimen. Tidak hanya itu media berupa alat peraga meningkatkan daya ingat peserta didik.

 

Kata Kunci: Alat Peraga, keefektifan, sistem peredaran darah


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JPMP

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JPMP index: