Efektifitas Penggunaan Alat Peraga Efek Rumah Kaca dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII di SMP Negeri 12 Tegal

Windi Widiawati, Yuni Arfiani, Mukhammad Aji Fatkhurrohman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penggunaan alat peraga pemanasan global dan efek rumah kaca dalam meningkatkan hasil belajar IPA siswa SMP kelas VII di SMP Negeri 12 Tegal pada tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan subjek penelitian siswa kelas VII SMP Negeri 12 Tegal. Penelitian ini melalui sepuluh prosedur pengembangan, yaitu (1) identifikasi permasalahan, (2) mengumpulkan data, (3) mendesain produk, (4) validasi, (5) revisi, (6) uji coba produk, (7) revisi produk, (8) uji coba pemakaian, (9) revisi produk, dan (10) produk akhir. Teknik pengumpulan data adalah tes dan observasi dengan teknik analisis data yang digunakan adalah statistik inferensial dengan menggunakan uji-t. Hasil pengembangan alat peraga pemanasan global berdasarkan hasil uji tes kelas kontrol memperoleh nilai 9,7%, dan hasil tes kelas eksperimen memperoleh nilai 80%, dari hasil tes kelas eksperimen menunjukkan siswa telah mengalami peningkatan pemahaman tentang materi yang diajarkan menggunakan alat peraga dibanding dengan kelas kontrol tanpa menggunakan alat peraga.

 

Kata Kunci: Pengembangan, Alat Peraga IPA, Pemanasan Global, Efek Rumah Kaca, Hujan Asam


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JPMP

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JPMP index: