Penerapan Metode Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Aktifitas dan Hasil Belajar IPA Materi Sistem Transportasi

Nur Rohmah

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan aktifitas hasil belajar menggunakan metode pembelajaran inkuiri pada materi sistem transportasi di kelas VIIIC SMP Negeri 1 Larangan, Kabupaten Brebes Semester 2 Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan kegiatan meliputi perencanaan, pelaksanaan observasi dan refleksi. Data pencapaian hasil belajar pada siklus I meningkat sebesar 50% dari prasiklus dan pada siklus II meningkat sebesar 7% dari siklus I. Ketuntasan klasikal pada siklus I sebesar 64% belum memenuhi indikator pencapaian KKM minimal ≥ 75. Pencapaian KKM ditingkatkan melalui perbaikan ahsil belajar dan aktifitas belajar yang dilakukan pada siklus II, dengan pencapaian sebesar 82,22% dan telah memenuhi indikator KKM. Aktivitas belajar pada siklus II terjadi peningkatan sebesar 31% dari 22% pada siklus I menjadi 53% pada siklus II. Hasil tanggapan siswa secara klasikal menunjukkan tanggapan yang positif terhadap pembelajaran inkuiri. Sebanyak 75% peserta didik merasa senang dan 25% merasa sangat senang dengan pembelajaran inkuiri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar kelas VIIIC SMP Negeri 1 Larangan, Kabupaten Brebes.

 

Kata Kunci: Pembelajaran Inkuiri, Aktifitas Belajar, Hasil Belajar IPA, Sistem Transportasi


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JPMP

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JPMP index: