http://e-journal.upstegal.ac.id/index.php/jpmp/issue/feed JPMP (Jurnal Pendidikan MIPA Pancasakti) 2020-01-20T12:40:55+07:00 Yuni Arfiani yuniarfiani00@gmail.com Open Journal Systems <div id="journalDescription"> <p align="justify">JPMP (Jurnal Pendidikan MIPA Pancasakti) with registered number ISSN 2597-9582 (Online), ISSN 2597-7024 (Print) is a periodical journal conducted by a team of Science Education Studies Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Pancasakti Tegal.</p> <p align="justify">This journal contains a variety of scientific articles related to research in the field of Mathematic and Science Education. The range of topics in the specific journals may include the Application of mathematic and Science Lessons, the Development of Mathematic and Science Education Research, the Making of Mathematic and Science Education Materials, the Technology and the Learning Media of Science and Mathematic, the Evaluation of the Mathematic and Science Program and Learning.</p> <p align="justify">Authors who want to submit their manuscript to the editorial office of JPMP should obey the writing guidelines. If the manuscript submitted is not appropriate with the guidelines or written in a different format, it will be rejected by editors before further reviewed. The editors will only accept the manuscripts which meet the assigned format.</p> <p align="justify">JPMP publish journals twice in two years: January and July. Please make the new Template Article then submit your manuscript.</p> </div> http://e-journal.upstegal.ac.id/index.php/jpmp/article/view/1412 Penggunaan Model Realistik Mathematics Education (RME) untuk Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar Matematika Materi Sifat-Sifat Operasi Bilangan Berpangkat Bagi Siswa Kelas IX 2020-01-16T11:29:21+07:00 Hasanudin Hasanudin hasanudin@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk&nbsp; : ( 1 ) meningkatkan keaktifan siswa pada materi sifat-sifat operasi bilangan berpangkat bagi siswa kelas IX; ( 2 ) meningkatkan prestasi belajar matematika pada materi sifat-sifat operasi bilangan berpangkat bagi siswa kelas IX dengan menggunakan model pembelajaran RME. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Classroom Action Research atau Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dilaksanakan dengan 2 siklus dengan populasi penelitian adalah semua siswa kelas IX D semester 2 SMP Negeri 1 Warureja kab. Tegal tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 34 siswa dengan 18 siswa perempuan dan 16 siswa laki-laki. Kesimpulan dari penelitian tindakan kelas adalah ; ( 1 ) penggunaan pembelajaran model RME dapat meningkatkan keaktifan belajar matematika pada materi sifat-sifat operasi bilangan berpangkat pada siswa kelas IX D semester 2 SMP Negeri 1 warureja kab. Tegal tahun pelajaran 2015/2016. ( 2 ) Penggunaan pembelajaran model RME dapat&nbsp; meningkatkan&nbsp; prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika materi sifat-sifat operasi bilangan berpangkat pada siswa kelas IX D semester 2 SMP Negeri 1 warureja kab. Tegal tahun pelajaran 2015/2016 . Dari kesimpulan diatas di sarankan agar ( 1 ) Guru&nbsp; hendaknya&nbsp; lebih menguasai konsep&nbsp; dasar materi matematika agar dapat mengolah berbagai model-model pembelajaran yang lain.&nbsp; ( 2 )&nbsp; Pembelajaran model RME&nbsp; dapat diterapkan bukan hanya pada materi sifat-sifat operasi bilangan berpangkat saja, tetapi perlu dicoba pada kompetensi Dasar yang lainnya demi untuk memajukan dunia pendidikan pada umumnya dan khususnya untuk meningkatkan prestasi belajar matematika.</p> 2019-07-31T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2019 JPMP (Jurnal Pendidikan MIPA Pancasakti) http://e-journal.upstegal.ac.id/index.php/jpmp/article/view/1413 Efektivitas Penggunaan Alat Peraga pada Pembelajaran IPA Materi Pencemaran Lingkungan dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas VII 2020-01-16T11:27:55+07:00 Eriana Cahyaningtyas erianacahyaningtyas11@gmail.com M Aji Fatkhurrohman ajifatkhur86@gmail.com <p>Kata media berasal dari bahasa Latin dan merupakan bentuk jamak dari kata medium yang secara harfiah berarti perantara atau pengantar. Dalam hal ini, Arif S. dkk (2009:6-7) mengemukakan bahwa media adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan minat serta perhatian siswa sedemikian sehingga proses belajar terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektifitas penggunaan alat peraga dalam pembelajaran IPA materi pencemaran lingkungan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VII. Soal yang digunakan pada eksperimen ini adalah 10 soal pilihan ganda. Hal ini membuktikan bahwa pembelajaran menggunakan alat peraga terbukti mampu meningkatkan prestasi belajar siswa. Dengan perbandingan ketuntasan klasikal pada kelompok eksperimen yaitu 100% dan kelompok kontrol adalah 73,3%. Hasil analisis menunjukkan bahwa data kita homogen (F=0.176; p&gt;0.05). Artinya tidak ada varians antara kelompok eksperimen dan kontrol. Dengan kata lain variasi data pada kedua kelompok adalah sama. Karena data kita homogen, maka kita arahkan mata kita membaca kolom Equal Variances Assumed. Terlihat bahwa ada perbedaan pada taraf 1 persen (t=1.514; p&lt;0.01). Artinya kelompok eksperimen memiliki perubahan yang signifikan dibanding dengan kelompok kontrol.&nbsp; Jadi perlakuan yang diberikan pada kelompok eksperimen berhasil, penggunaan alat peraga dalam pembelajaran IPA materi pencemaran lingkungan efektif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VII.</p> 2019-07-31T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2019 JPMP (Jurnal Pendidikan MIPA Pancasakti) http://e-journal.upstegal.ac.id/index.php/jpmp/article/view/1414 Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Metode Discovery Learning terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa 2020-01-16T11:27:55+07:00 Joko Purnomo jokopurnomo1997@gmail.com Purwo Susongko purwosusongko@upstegal.ac.id Yuni Arfiani yuniarfiani@upstegal.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar pada mata pelajara IPA. Uji validitas instrumen dengan uji validitas isi dan uji validitas konstruk. Analisis dengan uji perbedaan sampel independen test sebelum analisis dalam penelitian data diuji dengan uji asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukan pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) metode Discovery Learning terhadap aktivitas siswa dengan tingkat pengaruh sebesar 85.67% dengan kriteria keaktivan siswa sangat baik lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran ekspositori sebesar 79.76%. Pada hasil belajar siswa pada aspek kognitif pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) metode Discovery Learning nilai pos-test 79.87 lebih tinggi dibandingkan dengan nilai post-test model pembelajaran ekspositori 73.00. Hasil analisis uji-t independent sampel test diperoleh hasil thitung = 2.30 &gt; ttabel = 2.02 untuk ? 0.05 sehingga ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan motode Discovery Learning terhadap hasil belajar kognitif siswa dengan pengaruh sebesar 10%. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh antara model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) motode Discovery Learning terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa.</p> 2019-07-31T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2019 JPMP (Jurnal Pendidikan MIPA Pancasakti) http://e-journal.upstegal.ac.id/index.php/jpmp/article/view/1415 Pembelajaran Model Double Loop Problem Solving Berbantuan Alat Peraga untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik 2020-01-16T11:27:55+07:00 Windi Widiawati windiwidiawati61@gmail.com Purwo Susongko purwosusongko@upstegal.ac.id Bayu Widiyanto bayuwidiyanto@upstegal.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan literasi sains peserta didik setelah diterapkan pembelajaran model double loop problem solving berbantuan alat peraga pada sub materi pemanasan global. Jenis penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan rancangan penelitian yang digunakan ialah “matching pretest posttest comparation group design”. Penelitian ini dilakukan di kelas VII-A SMPN 01 Suradadi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dapat meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik setelah menggunakan model pembelajaran double loop problem solving berbantuan alat peraga. Hal tersebut terlihat dari nilai signifikansi uji t paired sample t-test sebesar 0,000 yang mempunyai arti bahwa terdapat perbedaan peningkatan kemampuan literasi sains peserta didik sesudah dan setelah dilaksanakan pembelajaran menggunakan double loop problem solving berbantuan alat peraga. Perbedaan tersebut terbukti dari hasil posttest yang meningkat. Berdasarkan analisis peningkatan kemampuan literasi sains peserta didik sebesar&nbsp; 72,61% berkategori tinggi. Kesimpulan penelitian ini yaitu penerapan model double loop problem solving berbantuan alat peraga pada sub materi pemanasan global dapat meingkatkan kemampuan literasi sains peserta didik.</p> 2019-07-31T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2019 JPMP (Jurnal Pendidikan MIPA Pancasakti) http://e-journal.upstegal.ac.id/index.php/jpmp/article/view/1416 Peningkatan Mutu Pendidikan dan Karakter melalui Kegiatan Kelompok Ilmiah Remaja pada Peserta Didik SMP Negeri 10 Tegal 2020-01-16T11:27:55+07:00 Alishan Rian Darmawan alishanrian@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan meningkatan mutu pendidikan dan karakter peserta didik SMP N 10 Tegal dengan mengoptimalkan kegiatan ekstrakurikuler di sekolah.Penelitian ini jenis Penelitian Diskriptif kualitatif pada subyek peserta didik SMP N 10 Tegal dan obyek penelitian kegiatan ekstrakurikuler Kelompok Ilmiah Remaja (KIR). Pengumpulan data dilakukan dengan angket, dan wawancara. Analisis data menggunkan teknik deskripsi kualitatif. Hasil analisis menunjukkan kegiatan ekstrakurikuler Kelompok Ilmiah Remaja dapat meningkatkan mutu pendidikan dengan bertambahnya pengetahuan pesrta didik dalam bidang sain dan teknologi melalui penelitian kegiatan Kelompok Ilmiah Remaja, serta menumbuhkan pendidikan karakter peserta didik yang positif melalui interaksi social.</p> 2019-07-31T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2019 JPMP (Jurnal Pendidikan MIPA Pancasakti) http://e-journal.upstegal.ac.id/index.php/jpmp/article/view/1417 Keefektifan Model Pembelajaran Creative Problem Solving dengan Media Visual terhadap Prestasi Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 3 Tegal pada Materi Pokok Pemahaman Konsep Segitiga 2020-01-16T16:13:38+07:00 Achika Fauzia Wulandari intanriza78@yahoo.co.id Eleonora Dwi Wahyuningsih eleonora@gmail.com Suwandono Suwandono suwandono@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan : (1) Perbedaan prestasi belajar matematika yang diajar menggunakan model Creative Problem Solving berbantu media visual dengan model pembelajaran Ekspositori. 2) Prestasi belajar matematika yang diajar menggunakan model Creative Problem Solving berbantu media visual lebih baik daripada yang diajar menggunakan model pembelajaran Ekspositori. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017. Sampel penelitian ini adalah sebagian peserta didik kelas VII semester genap yang berjumlah 159 peserta didik yang terbagi dalam lima kelas. Pengambilan sampel menggunakan lotre terhadap populasi. Metode pengumpulan data dengan tes. Instrumen penelitian berupa tes dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 30 soal yang telah diuji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran soal dan daya beda. Analisis data untuk penelitian ini menggunakan uji t pihak kanan yang sebelumnya telah diuji dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa:.Ada perbedaan prestasi belajar matematika yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving dengan media visual dengan model pembelajaran ekspositori. 2) Prestasi belajar matematika yang diajar menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving dengan media visual lebih efektif daripada yang menggunakan model pembelajaran Ekspositori. <br><br></p> 2019-07-31T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2019 JPMP (Jurnal Pendidikan MIPA Pancasakti) http://e-journal.upstegal.ac.id/index.php/jpmp/article/view/1419 Keefektifan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Terhadap Minat dan Prestasi Belajar Matematika 2020-01-20T12:40:55+07:00 Puput Aprilia Sari puputaprilia1995@gmail.com Ponoharjo Ponoharjo ponoharjo@gmail.com Shaefur Rokhman shaefurrohman@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui prestasi belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran CTL memenuhi KKM, (2) Siswa yang diajar model pembelajaran CTL lebih baik daripada model pembelajaran konvensional terhadap minat maupun prestasi belajar matematika (3) ada perbedaan minat dan prestasi belajar siswa yang diajar model pembelajaran CTL dengan model pembelajaran konvensional, (4) minat dan prestasi belajar siswa yang diajar model pembelajaran CTL lebih baik daripada model pembelajaran konvensional. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VII semester II SMP Negeri 3 Brebes Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2016/2017 terdiri atas 9 kelas sebanyak 323 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas&nbsp; VII B sebagai kelas eksperimen, dan kelas VII C sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data menggunkan teknik dokumentasi, tes, dan angket. Instrumen yang digunakan adalah tes dan angket. Instrumen telah teruji validitas dan reabilitas pada taraf signifikan 5%. Analisis data menggunakan uji proporsi satu pihak kanan, uji t satu pihak kanan, uji manova dan ?^2-Hotteling. Hasil penelitian menyatakan bahwa minat dan prestasi belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran CTL lebih baik dari pada pembelajaran konvensional.</p> 2019-07-31T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2019 JPMP (Jurnal Pendidikan MIPA Pancasakti)