GURU YANG MELEK TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
Main Article Content
Abstract
Kini guru yang melulu berpendekatan oral-verbal berbekal setumpuk literatur kumal di dalam kelas, kurang diapresiasi oleh siswa. Sebaliknya, guru yang aktif memperbaharui bahan ajar dan inovatif dalam penyajiannya, selalu dirindukan siswanya. Wajarlah kalau guru masa kini diharuskan melek teknologi informasi dan komunikasi (TIK).
Di dalam manajemen dan organisasi bisnis, peran TIK menjadi bagian penting dari upaya peningkatan mutu. Beberapa hasil penelitian memberikan dukungan empirik bahwa penerapan TIK dapat memperbaiki: manajemen mutu (Zadrony et al., 1992; Berkley & Gupta, 1994); komitmen dan kepemimpinan di beragam level manajemen; serta perubahan budaya organisasional secara signifikan.
Di dalam dunia pendidikan pun TIK sudah menjadi kebutuhan dan keharusan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Lalu, bagaimana implikasinya terhadap desain dan model pembelajaran yang dapat dikembangkan oleh guru?
Article Details
Issue
Section
Articles