PENERAPAN ANALISIS JALUR (Studi Pada Prestasi Belajar Siswa)

  • Basukiyatno .

Abstract

Fenomena dalam ilmu sosial / perilaku pada umumnya bersifat komplek misalnya seorang guru yang sedang mengamati prestasi belajar siswanya, ia akan mendapatkan banyak variabel yang mempengaruhi pencapaian prestasi belajar tersebut. Diantaranya adalah : ingatan, kecerdasan, kreativitas, proses belajar-mengajar, dan banyak lagi faktor lainnya. Dalam hal tersebut metode multivariat merupakan alat yang tepat untuk penelitiannya.

Metode multivariat rmerupakan cara untuk mengkaji pengaruh lipat-ganda dari sejumlah variabel bebas terhadap satu variabel atau lebih (Kerlinger, 1990; 928). Metode ini dikembangkan dari prinsip dasar kolerasi dan regresi. Dengan multivariat peneliti dapat mengkaji kompleksitas sebenarnya yang terdapat dalam ‘realitas†kehidupan sosial dan perilaku manusia.

Analisis jalur merupakan salah satu metode multivariat yang merupakan bentuk terapan dari analisis multi-regresi akan diperoleh prediksi variabel-variabel X1, X2, ..., Xk terhadap variabel  Y. Jadi peneliti akan mengetahui akibat dan besarnya akibat dari lebih satu variabel bebas terhadap satu variabel terikat. Analisis jalur memungkinkan peneliti menghitung pengaruh langsung dan tidak langsung dari variabel-variabel bebas terhadap satu variabel terikat.  Analisis jalur memungkinkan peneliti menghitung pengaruh langsung dan tidak langsung dari variabel-variabel bebas terhadap suatu variabel terikat yang dinyatakan dengan koefisien jalur. Koefisien jalur tersebut sesungguhnya adalah koefisien regresi yang telah dibakukan (beta,  b). Dengan koefisien jalur tersebut peneliti dapat menguji pelbagai model jalur dengan menggunakan data yang teramati atas model alternatif yagn dibangun dari kerangka fikirnya. Perhitungannya tidak banyak kesulitan, yaitu dari koefisien regresi akan diperoleh beta (b), sehingga dapat disusun matriks R yang terimplikasi dari koefisien jalur tersebut.

Tulisan ini merupakan contoh praktis penerapan analisis jalur untuk menganalisa penelitian faktor-faktor yang berpengaruh terhadap rpestasi belajar siswa. Sajian meliputi : masalah penelitian, kerangka pikir, hipotesis, persamaan-persamaan untuk setiap peubah, langkah-langkah analisis, rangkupan hasil analisis, dan diakhiri dengan pengujian hipotesa dan pemaknaan.

Section
Articles