Hubungan Antara Motivasi Kerja dan Disiplin Kerja dengan Produktifitas Kerja Karyawan

  • Zulfah .

Abstract

Penelitianini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara motivasi kerja, disipilin kerja dengan produktivitas kerja karyawan.

Hipotesis yang diuji (1) terdapat hubungan yang positif antara motivasi kerja dengan produktifitas kerja karyawan (2) terdapat hubungan yang positif antara disipilin kerja dengan produktifitas kerja karyawan (3) terdapat hubungan yang positif antara motivasi kerja dan disiplin kerja secara bersama-sama dengan produktifitas kerja karyawan.

Penelitian ini dilakukan dengan metode survei, alat pengumpul dat ayang digunakan kuesioner yang dibagikan kepada responden dengan metode simpel rendom sampling, sampel sebanyak 50 orang dari populasi sebanyak 250 orang karyawan.

Instrumen penelitian motivasi kerja, disiplin kerja dan produktifitas kerja sebelumnya dilakukan uji validalitas dengan menggunakan Korelasi Product Moment, kehandalan diuji dengan menggunakan Alpha Cronbach. Hasil uji coba menunjukan bahwa motivasi kerja =  0,88 disiplin kerja = 0,88 dan prokduktifitas kerja = 0,89. Analisa data menggunakan korelasi dan regresi linier berganda dengan bantuan SPSS 10.

Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: pertama terdapat hubungan yang positif antara motivasi kerja (X1) dengan produktifotas kerja (Y) dengan koefisien korelasi r1 = 0,535, signifikan (α) = 0,05. Kedua terdapat hubungan yang positif antara disiplin kerja (X) dengan produktifitas kerja (Y) dengan koefisien korelasi r = 0,620, signifikan ()= 0,05. Ketiga terdapat hubungan yang positif antara motivasi kerja dan disiplin kerja secara bersama-sama dengan persamaan regresi Y = 8,548 + 0,405X + 0,472, dan koefisien determinasi R = 0,682 pada 0,05. Hasil penelitian ini diharapkan berguna dalam menentukan atau menetapkan kebijakan dan peraturan, terutama yang menyangkut sumber daya manusia, agar dapat diambil langkah-langkah perbaikan bagi perusahaan secara keseluruhan.

Kata kunci : Produktifitas, Motivasi, Efektivitas, Efisien

Section
Articles